ANALISIS PERTANYAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL ASINKRONIK MATERI VEKTOR

Wachid Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis berbagai ragam pertanyaan siswa pada pembelajaran virtual asinkronik materi vektor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMKN 2 Salatiga yang aktif menyampaikan pertanyaan terkait pembelajaran virtual vektor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mendokumentasikan dan mengobservasi semua pertanyaan siswa melalui media whatsapp dan microsoft teams. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung pada kelas XI DPIB A dari 36 siswa hanya ada 4 siswa  (11,11 %) yang bertanya sedangkan di kelas XI DPIB B dari 35 siswa hanya ada 3 siswa (8,57 %) yang bertanya. Pertanyaan siswa dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori yaitu pertanyaan permohonan, pertanyaan konfirmasi, dan pertanyaan konsultasi. Rendahnya antusias bertanya siswa disebabkan oleh berbagai alasan yaitu siswa ingin mencobanya sendiri dulu, malu, bingung atau ragu, tidak atau kurang percaya diri, sudah paham atau video sudah jelas, merasa tidak optimal jika bertanya melalui media daring, takut, fokus mengerjakan tugas lain, tidak paham materi, dan mencari referensi lain atau bertanya kepada teman.


Keywords


analisis pertanyaan siswa; pembelajaran virtual asinkronik; materi vektor

Full Text:

PDF

References


Aminah, N., Dewi, I. L. K., dan Santi, D. P. D. (2017). Keterampilan Bertanya dan Self Confidence Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1(1), Hal. 109-117.

Asikin, M. (2020). Menstimulasi Berpikir Matematis Siswa Melalui Pengajuan Pertanyaan yang Efektif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 642-649. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37586

Assidiqi, M. H., dan Sumarni. W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pasca-Sarjana 2020. Hal 298-303

Baety, D. N., & Munandar. D.R. (2021). Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3 Nomor 3 Hal 880-889

Cahyanto, B., Maghfirah, M., Hamidah. M. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol 5 No 1 hal 32-43

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Fourt Edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education

Friantini, R.N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) Volum 4 Nomor 1 Maret 2019

Hariyadi. S. (2014). Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. Biosel: Jurnal Biology Science and Education. Vol. 3, No 2. Hal 143-158

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254-261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Nasution, M. (2019). Keterampilan Guru dalam Bertanya pada Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains Vol.7, No.01 Juni 2019 hal 83-96

Nurdiansyah, Johar., R. & Saminan. (2019). Keterampilan Bertanya Guru SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang Vol. 7, No. 1 Juni 2019, hal 44-54

Nur Jannah, A. Lia. Y., Parno. (2016). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Bertanya Siswa pada Materi Hukum Newton melalui Pembelajaran Inquiry Lesson dengan Strategi LBQ. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 1, No 3 hal 409-420

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3 ed.). California: Sage Publishing.

Pratiwi, D.I. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 269-274, dec. 2019

Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Februari 2014, halaman 22-28

Widodo, A. (2006). Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2), 139-148.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.2798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.