MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA CALON PPL-2

Bistari Bistari, Hamdani Hamdani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi mahasiswa calon PPL2 bahwa  lebih dari 65% mahasiswa tersebut kompetensi matematika sekolah menengah belum pada standar yang diharapkan (paling tidak 75% mahasiswa memiliki kompetensi dalam katagori baik). Temuan tersebut terungkap dari beberapa catatan informasi di lapangan, hasil pra-survey dan hasil wawancara. Beberapa penyebab dari kondisi mahasiswa tersebut, diantaranya: (1) dalam perkuliahan matematika sekolah menengah mahasiswa menyelesaikan dengan cara kurang mandiri; (2) beberapa materi kuliah penunjang (geometri, aljabar, dan trigonometri) tidak dikuasai dengan baik oleh kebanyakan mahasiswa, dan (3) mahasiwa yang memiliki potensi di atas rata-rata kurang diberdayakan. Pelaksanaan kegiatan model pembelajaran tutor sebaya pada mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Untan dilakukan sesuai langkah penelitian pengembangan ADDIE, dan langkah yang cukup menantang adalah pada langkah development, karena pada langkah ini memperoleh kelemahan mahasiswa yang beragam sehingga pengembangan tingkat lanjut perlu kreativitas yang memadai. Ketiga, Kemampuan komunikasi  dan representasi matematis mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Untan sesudah pengembangan model pembelajaran tutor sebaya, berada di atas standar; yakni rata-rata skor tes I sebesar 72,1 dan rata-rata skor tes II sebesar 77,4. Melalui pengembangan model pembelajaran terjadi perubahan prinsip belajar pada diri mahasiswa yang memperoleh kontribusi dari penguatan karakter tanggungjawab, kepedulian dan solidaritas.


Keywords


Tutor Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asikin. 2001. Realistic Mathematic Education. Paradigma Baru Pembelajaran Matematika. Bandung: Afabeta.

Dick. W, Carey. L. Carey. J.O. 2001. The Systematic Design of Instrction. Addison-Wesley Educational Publisher Inc.

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunsch, C., Jitendra, A., & Sood, S. 2007. The Effects of peer-mediated instruction in mathematics for students with learning problem: A research synthesis. Learning Disabilities Research & Practice, 22 (1), 1 – 12.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Cetakan III: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Tymms, P. B. & Marrell, C. 2015. Cross-age Peer Learning. Better Evidence-based Education, 7(1), 19-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.