Hubungan Pengetahuan Dasar Matematika terhadap Kemampuan Konversi Satuan Mahasiswa Baru Jurusan Teknik Sipil

Nur Aida, Nenengsih Verawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengetahuan dasar matematika mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil terhadap kemampuan konversi satuan, dan untuk mengetahui persentase kesalahan  fisis yang telah dilakukan oleh mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini 53 orang mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil. Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pengetahuan dasar matematika dengan kemampuan konversi satuan mahasiswa baru, dimana nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,513.  Jika dilihat dari koefisien determinasi yang besarnya 0,263, maka 26,3% kemampuan konversi satuan mahasiswa baru dapat ditentukan oleh pengetahuan dasar matematika mahasiswa. Persentase kesalahan fisis memasukan angka mahasiswa sebesar 38,67% dan kesalahan menuliskan satuan sebesar 32,31%.

Keywords


Konversi satuan; korelasi; Pengetahuan dasar matematika.

Full Text:

PDF

References


Haryadi, R. (2016). Korelasi antara Matematika Dasar dengan Fisika Dasar. JPPM : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 124-127.

Maulana. (2018). Konsep Dasar & Pedagogi Matematika (Sequel 1). Celtics Press : Bandung.

Maulana. (2018). Konsep Dasar & Pedagogi Matematika (Sequel 2). Celtics Press : Bandung.

Maulana. (2018). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press : Bandung.

Rhahim, E., Tandililing, E., Mursyid, S. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika terhadap Miskonsepsi Siswa pada Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1-9.

Sofianto, E. W. N. (2019). Hubungan antara Nilai Ujian Nasional Fisika dengan Penguasaan Konsep Fisika Dasar pada Mahasiswa Tadris Fisika. Jurnal THABIEA : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 7-12.

Zairi, A., Sutrisno, L., dan Maria S., H. T. (2017). Hubungan antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.