EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 12 SINGKAWANG

Chandra Ela Novia, Rika Wahyuni, Nurul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Singkawang pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Desaign dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Singkawang dan ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sebelum soal diberikan kepada siswa, soal terlebih dahulu di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh yaitu 1) kemampuan penalaran matematis siswa mencapai KKM yaitu 70 secara individual maupun klasikal pada materi Teorema Pythagoras yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Posing. 2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu  t hitung > t tabel11, 8 > 2,00 yang diajarkan menggunakan model Problem Posing dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras. 3) aktivitas belajar siswa tinggi sebesar 86,71% pada materi teorema Pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. 4) motivasi belajar siswa tinggi sebesar 74,17 pada materi teorema Pythagoras dengan menggunkaan model pembelajaran Problem Posing.


Keywords


Problem Posing; Penalaran Matematis; Aktivitas; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar, Burhan. 2013. Pengaruh Pemahaman Dalil Pythagoras Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Soal Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Cirebon: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Multi Presindo.

Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Pendidikan UNSIKA Volume 2 Nomor 1.

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Rolia, R., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XI SMK. VOX EDUKASI, 8(2), 72–82. Retrieved from http://jurnal.stkippersada.ac.id/index.php/voxedukasistkip/article/view/248

Rosmaiyadi. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Jurnal Aksioma, 6(1), 12–19.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiati. 2013. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jakarta: FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Wulandari. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuniarsih, SH. 2009. Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Tentang Barisan dan Deret Bilangan Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 5 Purwokerto. Purwokerto: Universitas Negeri Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.