PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA

Suji Suji, Resy Nirawati, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan  model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament  untuk  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga kelas VII. Jenis penelitian  yang digunakan  adalah  kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan True Experimental  dengan  menggunakan bentuk penelitian  Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang yang terdiri dari kelas VII A,VII B,VII C, VII D, VII E, VII F dengan jumlah 140 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan probability sampling, dengan teknik simple random sampling maka didapat kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 orang. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa; 1) Terdapat peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,51 dan hasil uji-t dua sampel diperoleh 3,54 > 2,08 sehingga terdapat perbedaan  peningkatan  kemampuan  pemecahan masalah matematis siswa antara kelas yang diberikan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kelas yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi segitiga; 2) Aktivitas  siswa dengan menggunakan model pembelajaran  Teams  Games Tournament tergolong aktif yaitu  memperoleh  persentase  sebesar 77%; 3) Respon  siswa terhadap pembelajaran  matematika tergolong positif terhadap penerapan model Teams Games Tournament pada materi segitiga dengan persentase sebesar  86%.

Keywords


Teams Games Tournament, Mathematical Problem Solving Ability of Students, Student Activities, Student Responses, and Triangle

Full Text:

PDF

References


Aliyansyah. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: STIT SA Singkawang.

BSNP. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Ibrahim. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal pendidikan matematika. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses 20 Desember 2015.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: Reston.

Nindy Citroresmi., & Nurhayati, S. S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 13–18.

Nurhayati, Ni Wayan Eva. (2011). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Informatika, Universitas Karmapati. Diakses 20 mei 2016.

Primandiri, Arum Handini. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. Skripsi: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.

Rahayu. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.