Analisis Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Fasilitas Sekolah menggunakan Importance Performance Analysis

Muhammad Gazali, Ristu Haiban Hirzi, Hanifa Prahastami Pambayun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa pada tingkat sekolah terhadap manajemen dan fasilitas sekolah menggunakan importance performance analysis. Penelitian ini merupakan studi kasus. Penelitian ini merujuk ada peneitian-penelitian sebelumnya seperti yang dilakukan oeh Boky Y , Sukandi P dan Wiwit namun pada penelitian kali ini dilaksanakan pada sekolah menengah atas sebagai usaha yang dilakukan program studi Statistik untuk memberikan kontribusi pada sekolah agar bisa mengevaluasi diri. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 kelas atau sekitar 120 orang siswa. instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket yang telah divalidasi oleh beberapa ahli. Terdapat 73 butir instrument pernyataan yang memuat karakteristik dari kepuasan siswa terhadap manajemen dan fasiitas sekolah yang ada. Hasil penelitian ini adalah  Pelayanan dari sekolah SMAN 1 Sukamulia terhadap fasilitas ruang belajar telah mampu memenuhi 50.30% harapan siswa, dan masih perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan sebesar 49.70% pada layanan lainnya.


Keywords


importance performance analysis, penelitian studi kasus

Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Bacon, D. R. (2003). A comparison of approaches to importance-performance analysis. International Journal of Market Research, 45(1), 1–15.

Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648.

Pramusti, R. D. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Taman Sidoarjo. IAIN Kediri.

Soepeno B. 1997. Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukandi P. (2010). Hubungan Antara Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Mengahadapi Daya Saing Jasa Pendidikan. The 4th PPM National Conference on Management Researchn Jakarta, 25 November 2010. ISSN: 2086-0390.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Suparman. 1986. Pengumpulan dan Penyajian Data. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.

Supranto J. (2003). Teknik Sampling untuk Survey dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Uus F. (2012). Analisis Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Vol.10 No.1.

Wahyuningrum, K. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.