PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS. MUHAMMADIYAH 1 KOTA SORONG

Zakiyah Anwar, Faisal Eka Mahendra, Arie Anang Setyo, Irna Rusani, Supriadi Supriadi

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh emotional intelligence terhadap hasil belajar siswa MTs. Muhammadiyah I Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan Subjek pada penelitian ini berjumlah 30 siswa. Setelah data dianalisis dan diperoleh hasil perhitungan Uji t diperoleh nilai thitung yaitu -24,650 lebih kecil dari ttabel  yaitu 2,048, yang berarti ada pengaruh Emotional Intelligence terhadap hasil belajar siswa MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong.  Sedangkan data hasil rata – rata pretest sebelum diberi perlakuan 18,88, Sementara untuk nilai posttest setelah diberi perlakuan diperoleh 74,80 ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata diatas KKM 67. Lembar observasi pengamatan aktivitas peserta didik siswa diketahui berada pada kategori baik, hal ini membuktikan mereka mendengarkan dengan seksama semua yang disampaian oleh guru. Dan untuk angket respon siswa pada setiap indikator yang direspon berdasarkan hasil yang diperoleh semua berada pada kategori positif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.