PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN STATISTIK BERBASIS IT MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL

Nur Aida

Abstract


Matakuliah statistik adalah matakuliah yang digunakan mulai dari aktivitas di laboratorium, riset dan berbagai aktivitas dalam pengelolaan pemerintahan. Untuk itu dosen pengampu matakuliah diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Materi statistika yang diajarkan disusun dengan tujuan membantu mahasiswa dalam memahami dan menangani ketidakpastian, variabilitas dari informasi statistik yang diperoleh. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat menguasai berbagai aplikasi statistik dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari atau bidang studi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Statistik berbasis IT menggunakan pendekatan RME untuk mahasiswa Teknik Sipil. Dari hasil evaluasi pada fase penilaian (assesment phase) dilaksanakan Field test atau uji lapangan. Uji lapangan dilakukan pada sekelompok mahasiswa yang berada pada kelas semester dua tahun akademik 2018/2019 Jurusan Teknik Sipil, program studi Perancangan Jalan dan Jembatan. Diketahui bahwa RME berbasi IT meningkatkan pemahaman mahasiswa dan mendorong mahasiswa untuk memahami keterkaitan matematika dengan dunia sekitar, terlibat langsung dalam proses belajar, melalui belajar berkelompok serta terlatih untuk menghargai pendapat orang lain.


Keywords


RME; persamaan regresi; korelasi

Full Text:

PDF

References


Aris Sustrisno dan Slamet Widodo. (2012). Analisis Variasi Kandungan Semen terhadap Kuat Tekan Beton Ringan Struktural Agregat Pumice. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Edy Tandililing. (2010). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Jurnal Untan Vol 25 No. 3, dari http://www.jurnal.untan.ac.id pada tanggal 28 Maret 2019.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Garfield dan Chance. (2000). T Taics Ducat Issues d Challenges, Mathematics Thinking and Learning, 2(1&2),99-125.

Ratna Sariningsih dan Indri Herdiman. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berfikir Kreatif Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Open-ended. Jurnal Pendidikan Matematik, Vol 4 No. 2, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16685 pada tanggal 28 Maret 2019.

Sugiyono. (2006). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Zulkardi. (2006). RME Suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. Makalah yang disajikan pada Konperensi Matematika Nasional. Bandung: ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1703

Refbacks



Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.