EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Wahyuddin Wahyuddin, Ita Wahyuni Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model kooperatif tipe student facilitator and explaining ditinjau dari hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa.  Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen pre-experimental design yaitu one-group pretest-posttest design. Satuan eksperimen yaitu kelas kelas VII A.2 yang dipilih secara random dari 4 kelas VII dengan perlakuan dalam menerapkan model pembelajaran sebanyak 4 kali pertemuan. Instrumen penelitian terdiri atas tes untuk mengukur ketuntasan hasil belajar matematika siswa, lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, angket respon siswa untuk mengetahui bagaimana respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa, serta respon siswa. Selanjutnya analisis statistik inferensial dengan one sample t-test yang didahului dengan uji normalitas yang dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe student facilitator and explaining efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar dengan indikator : 1) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe student facilitator and explaining termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 79,60 dan standar deviasi 12,11 dan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berada  pada  kategori aktif yaitu sebanyak 76,42% siswa aktif dalam proses pembelajaran; dan 3) Respons siswa terhadap pembelajaran pada umumnya memberikan tanggapan positif sebanyak 82,22% siswa

Keywords


Efektivitas Pembelajaran, Kooperatif, dan Student Facilitator And Explaining, dan Eksprimen

Full Text:

PDF

References


Anisa, R., Mustadi, A., & Wibowo, U. B. (2019, June). Student Facilitator and Explaining in Improving Student Social Skills: Assertive Behavior in Opinion and Communication. In International Conference on Social Science and Character Educations (IcoSSCE 2018) and International Conference on Social Studies, Moral, and Character Education (ICSMC 2018). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icossce-icsmc-18/125910018.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/328.

Hashimoto, Y. (1997). The methods of fostering creativity through mathematical problem solving. ZDM, 29(3), 86-87. https://link.springer.com/article/10.1007/s11858-997-0005-8.

Hew, K. F., & Cheung, W. S. (2008). Attracting student participation in asynchronous online discussions: A case study of peer facilitation. Computers & Education, 51(3), 1111-1124. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360131507001364

Irlinawati, D., Efendi, D., & Andriani, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2), 1-12.

Livne, N. L., Livne, O. E., & Wight, C. A. (2008). Enhancing mathematical creativity through multiple solutions to open-ended problems online. In National Educational Computing Conference. Texas, USA. https://www.researchgate.net/profile/Charles_Wight2/publication/228862669_ENHANCING_MATHEMATICAL_CREATIVITY_THROUGH_MULTIPLE_SOLUTIONS_TO_OPEN-ENDED_PROBLEMS_ONLINE/links/54e4977a0cf2dbf60697061c.pdf.

Mahmudi, A. (2008). Pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Makalah. Disampaikan Pada Konferensi Nasional Matematika (KNM) XIV Universitas Sriwijaya Palembang, 24 –27 Juli 2008. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/40.

Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The effect of reciprocal teaching, student facilitator and explaining and learning independence on mathematical learning results by controlling the initial ability of students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 199-205. https://www.iejme.com/download/the-effect-of-reciprocal-teaching-student-facilitator-and-explaining-and-learning-independence-on.pdf.

National Research Council. (1989). Everybody counts: A report to the nation on the future of mathematics education. Washington, DC: National Academy Press.

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Sintalstr. 2013. Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Manusia (Online), (https://lstrsins.wordpress.com/2013/08/05/pentingnya-matematika-dalam-kehidupan-manusia/ diakses 17 Mei 2018).

Slavin, R. E. (2010). Co-operative learning: what makes group-work work. The nature of learning: Using research to inspire practice, 161-178.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsafe, A. K. (2012). Effective learning of mathematics: From theory to practice. Sokoto Educational Review, 13(2), 82-96. www.academia.edu/download/31230361/Sokoto_Review.pdf.

Wahyuddin, W. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148-160. https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/9.

Widayati, R. A. (2019). The Implementation of Cooperative Learning Strategy of Student Facilitator and Explaining (SFE) Type to Improve Activity and Learning Result. Classroom Action Research Journal (CARJO), 2(1), 13-23. http://journal2.um.ac.id/index.php/carjo/article/view/6114.

Witarsa, F. I. (2017). The effect of cooperative learning with student Facilitator and explaining (sfae) model on students’ Willingness to speak up. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 11-18. https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/8658.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.