Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V

Novita Wulandari, Henny Dewi Koeswanti, Sri Giarti

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Banaran 5 yang berjumlah 12 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, yang diupayakan melalui Project Based Learning antar siklus, yakni sebanyak (50%) dari seluruh siswa mencapai kategori kemampuan berpikir kreatif cukup di pra siklus, meningkat menjadi (58,3%) kategori berpikir kreatif tinggi di siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi (91,7%) kategori berpikir kreatif tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pada setiap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model Project Based Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.


Keywords


Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Ardianti, S. D., Pratiwi, I. ari, & Kanzunnudin., M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan, 7(2), 145–150.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8, 26–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40

Maula, M. M., Prihatin, J., Fikri, K., Mipa, J. P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2014). Pengaruh Model PjBL ( Project-Based Learning ) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan ( The Effect of PjBL ( Project-Based Learning ) Model of Creative Thinking Ability and Learning Achievement in Ma. Research Education, 1–6. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63447

Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas dan keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Gramedia Pustaka Utama.

Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2985

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Setiaji. (2018). Perbedaa Penggunaan Discovery Learning Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4. Jurnal Basicedu, 2(Model discovery learning dan model problem solving), 11–18.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186. https://doi.org/10.1017/S0025315409000708

Wahyu, R. (2013). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013, (2009).

Wati, E. T., & Zudhi, U. (2017). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN KARANGPALANG 1 SURABAYA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Yufita Ina Azariya, T. W. (2013). Penerapan model pembelajaran. Jurnal PGSD Universitas Surabaya, 01 Nomor 0, 0–216.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.