Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning

Jupriyanto Jupriyanto, Nuridin Nuridin

Abstract


Keterampilan mengajar guru penting dalam proses pembelajaran karena salah satu cara guru dapat melakukannya sehingga proses pembelajaran di kelas menumbuhkan kegiatan belajar siswa yang efektif. Aktivitas adalah prinsip penting dalam proses pembelajaran. Kegiatan siswa tidak cukup hanya dengan mendengarkan dan membuat catatan, tetapi lebih kompleks dari itu. Semakin tinggi kegiatan belajar siswa, semakin tinggi peluang keberhasilan pengajaran. Ini berarti keterampilan mengajar guru harus mampu membuat siswa merangsang berbagai kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas siswa di SD Negeri 04 Loning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tepatnya desain penelitian ex - post facto dengan menggunakan korelasi. Sedangkan untuk analisis penyuling data menggunakan bantuan program SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data diperoleh nilai t = 7,408 dengan siginifakansi 0,000 <0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa.


Keywords


Keterampilan Mengajar; Kegiatan Belajar

Full Text:

PDF

References


Sutardi, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan IPS , 3 (2), 188-189

Daryanto, & Farid, M. (2015). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Sundari, d. (2014). Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa dengan Menarapkan Model Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPS di SD. Edu Humaniora , 2 (2), 125-135

Kusnadi. (2008). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Pemula. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. (2009). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensin

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, J., & Moedijono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Djamarah, S. (2010). Guru dan Siswa dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Jupriyanto, & Turahmat. (2017). Bahan Ajar Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 4 (2), 119-128

Nuridin. (2012). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Kematangan Bawahan terhadap Efektifitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Majalah Ilmiah Sultan Agung , 1 (127), 1-20

Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kasmawati. (2015). Pengaruh Guru Profesional terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada SMPN 1 Botoramba Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan Islam , 2(1), 42-64




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.