Pengaruh Model Teams Games Tournament dan Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dan Student Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes, observasi dan studi dokuken. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai t- test sebesar 0,865 dengan sig. (2- tailed) 0,391 > 0,05, maka H0 diterima karena nilai probabilitas > 0,05 sedangkan Ha ditolak. Ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT dan STAD pada hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. N. Kumala. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.
A. Sujana. (2014). Dasar - Dasar IPA : Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS..
H. Sukmawati. (2014). “Penggunaan Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Ngablak 01 Kabupaten Pati Semester I Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi S1. Tersedia http://repository.uksw.edu diakses Juli 20, 2018
R. E. Salvin. (2010). Cooperative Learning Riset dan Praktik. Bandung: Nusamesia.
T. Tanirdja. (2012). Model - Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
M. Anas. (2014). Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV. Pustaka Hulwa.
D. Puspitasari. (2016). "Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 SDN Gugus Kartini Kecamatan Parakan," Skripsi S1. Tersedia http://repository.uksw.edu diakses Juli 20 2018.
A. A. Marhaeni dan dkk. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015,” e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha PGSD, vol. 5.
K. A. Aka. (2015). “Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitar Belajar Siswa,” Journal Profesi Pendidikan Dasar, vol. 2, pp. 103 - 111.
M. D. Arianto dan U. Zuhdi. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 7,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 3, no. 2.
I. S. Manuaba dan dkk. (2014). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sumatra Denpasar,” e- Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 2, no. 1.
N. E. Permatasari. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 96 - 104.
N. Murda dan dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA,” Jurnal Mimbar PGSD. Vol.2 ,No. 5.
Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA,
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.