Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Ratih Dwi Yulianti Rahayu, Mawardi Mawardi, Suhandi Astuti

Abstract


Penelitian ini berangkat dari kondisi keterampilan berpikir kritis siswa kelas 4 SD N Karangduren 02 masih rendah dan berdampak pada hasil belajar yang rendah pula. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dilakukannya penelitian ini ialah meningkatkan keterampilan bepikir kritis dan hasil belajar melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data diantaranya tes yang berupa soal tes untuk mengukur tingkat ketercapaian hasil belajar dan nontes berupa rubrik penilaian tugas untuk mengukur tingkat berpikir kritis peserta didik. Analisis data pada penelitian ini ialah analisis deskriptif komparatif. Tingkat bepikir kritis dan hasil belajar pada pra-siklus diantaranya berpikir kritis pada kategori sangat tinggi sebesar 7%, kategori tinggi sebesar 41%, dan kategori rendah sebesar 52%  sehingga berdampak pada hasil belajar dengan presentase 46% mencapai ketuntasan dan 64% belum mencapai ketuntasan. Setelah dilakukannya penelitian tahap siklus I keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat menjadi 22% berada pada kategori sangat tinggi, 63% pada kategori tinggi, 15% pada kategori rendah. Hasil belajar peserta didik 63% sudah mencapai ketuntasan dan 37% belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II meningkat lebih signifikan yaitu 63% dari keseluruhan peserta didik tingkat berpikir kritis  berada pada kategori sangat tinggi dan 37% berada pada kategori tinggi, hasil belajar peserta didik juga terlihat 85% peserta didik mencapai ketuntasan dan 15% peserta didik belum mencapai ketuntasan.


Keywords


Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


I. Rafianti, Y. Setiani, and N. Novaliyosi, “Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 11, no. 1, 2018.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. 2010.

M. Sylvi, “Peningkatan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning,” Educ. 3-13, vol. 1, no. 1, pp. 5–5, 2008.

Y. Windarti, Slameto, and E. Widyanti, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD,” PENDEKAR, vol. 1, p. 1, 2018.

Ruumini and N. Wardani, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 Sdn Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015,” SCHOLARIA, vol. 6, no. 1, 2016.

E. Setyowati, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07,” JUSTEK, p. 1, 2018.

E. Rahayu, “Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema Wujud Benda Dan Cirinya,” Repositiry Unpas, 1385.

Sanjaya, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 2016.

W. Riyana, “Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Green Behaviour Siswa dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar,” Repos. upi edu, pp. 19–28, 2018.

W. Oktaviani, F. Kristin, and I. Agugraheni, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD,” J. Basicedu, vol. 2, no. 2, pp. 5–10, 2018.

F. K. & I. A. Nichen Irma Cintia, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 32, no. 1, pp. 69–77, 2018.

N. Hidayat, “Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Penerapan Scientific Approach Kelas V Semester 2 Di SDN 6 Dawuhan Situbondo Tahun Ajaran 2013/2014,” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 1, no. 1, p. 7, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.