Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Augmented Reality (AR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 1 SD
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperiment. Tujuan penelitian yaitu menguji keefektifan penggunaan media flashcard berbasis Augmented Reality (AR) pada Bahasa Jawa berdasarkan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Khususnya pada materi “Perangane Awak”. Media pembelajaran flashcard AR ini adalah media pembelajaran yang memadukan kartu fisik yang berbentuk 2D menjadi 3D dengan teknologi AR untuk menunjang pembelajaran siswa di kelas. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain one-grup pretest-posttest. Peneliti menggunakan sampling jenuh untuk mengumpulkan sampel. Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa kelas 1 SD N 3 Tunahan berjumlah 9 anak, terdiri dari 6 perempuan dan 3 laki-laki. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji-t yang menyimpulkan adanya perbedaan yang signifikan mengenai nilai saat pretest dan nilai saat posttest, dengan nilai t sebesar -32,483 dan signifikansi (Sig) 0,000 yang lebih kecil dari nilai signifikansi umumnya 0,005. Dari hasil tersebut disimpulkan yaitu media pembelajaran flashcard AR ini efektif untuk peningkatan mengenai hasil belajar siswa materi perangane awak. Media tersebut efektif, interaktif serta menarik, sehingga dapat diintegrasikan tidak hanya pada pembelajaran Bahasa Jawa, namun diberbagai mata pelajaran lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, M. E., Bahrul, A. R., Faizah, Z. N., & Assidiqi, M. H. (2023). Media Pembelajaran Multisensoris Mengunakan Flashcards Berbasis Augmented Reality untuk Anak Disleksia. Journal of Research and Technology, 8(2), 215–225. https://doi.org/10.55732/jrt.v8i2.737
Ardiansyah, M. F., & Yulya, N. M. (2022). Pelestarian Budaya Lokal Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 01(01), 66–68.
Ari Winangun, I. M. (2020). Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini PENGENALAN LIFE SCIENCE BAGI ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD BERKONTEN LOKAL. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–10.
Berondo, R. (2023). Revolutionizing Education: Exploring the Impact of Augmented Reality in the Classroom. Eur. Chem. Bull. 2023, 12(10), 1221–1228. https://doi.org/10.48047/ecb/2023.12.10.0872023.30/06/2023
Bua, M. T. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(2), 32–37. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/3145
Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053–2063. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5634
Febrianingrum, L., & Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Kelas IV Sekolah Dasar. Basicedu, 7(6), 4098–4109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6642
Helen, H., Marlina, L., & Fathurohman, A. (2023). Penggunaan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7699–7702. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2896
Hernum, P., & Dwiana, W. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOKTERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 2 DI SD BOPKRI 3 BONDO. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05).
Indriani, Nina, Siti Rodliyah Eka Agustina, Alifa Feby Nur Aini, & Dita Dwi Cahyani. (2023). Android-Based Application As a Media To Support the Learning and Preservation of Java Language for Mi/Sd Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 205–223. https://doi.org/10.24252/auladuna.v10i2a7.2023
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Petrov, P. D., & Atanasova, T. V. (2020). The Effect of augmented reality on students’ learning performance in stem education. Information (Switzerland), 11(4). https://doi.org/10.3390/INFO11040209
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Sari, D. R., Hidayanto, E., & ... (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif …. … for Lesson and Learning …, 297–303. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/64126%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/64126/27339
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Trijaya, R., Sukmanasa, E., & Nurlaela, E. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 99–104.
Wiranti, D. A., Fardani, M. A., & Rohmah, F. (2024). Pembelajaran Aksara Jawa Dilihat Dari Teori Belajar Piaget ( Studi Kasus Sekolah Dasar Di Kabupaten Kudus ). 7(1).
Wiranti, D. A., & Sutriyani, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Sorogan Hanacaraka Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 313. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8156
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7222
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i3.6043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.