EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG BAHASA INDONESIA KELAS V SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian
AKILAH, F. (2019). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan : Manifestasi Dan Implementasi. Didaktika, 11(1), 81. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.156
Antika, H. A. D., Sofiana, N., & Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role-Playing Dengan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5330–5339.
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i3.38
Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3067
Guniarti, B. E., Arifin, J., & Idawati, I. (2023). The Effect of Numbered Head Together Learning Model on Social Skills and Learning Outcomes of IPS Class V Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3244–3252. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6452
Hasibuan, J. B., & Wahyudin, D. (2023). Implementation of the NHT Type Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(2), 117–146. https://doi.org/10.32533/07201.2023
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lisnawati, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Fabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik NHT Kelas VII MtsN 2 Agam. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 115–127. http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/481%0Ahttps://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/download/481/498
Mahmudah, H., & Rasyid, F. (2022). Engaging Students in Cooperative Learning Model of Reading Course Through Numbered Head Together. ETERNAL (English Teaching Journal), 13(1), 55–69. https://doi.org/10.26877/eternal.v13i1.10339
Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544
Mardiah, Napratilora, N., & Nurhaqia, S. (2023). Mendongeng Melalui Jenis-Jenis Dongeng Untuk Anak Usia Dini. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Muhammad Faruq Dzulfiqar Daenuri, & Sandi Budiana. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Canva Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 447–455. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2015
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, H. S. P. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 627–635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.761
Prayekti, H., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Numbered Heads Together ( Nht ). 7(1), 38–41.
Pujiraharjo, Y., Kreatif, F. I., Telkom, U., & Bandung, K. (2019). Dongeng Sebagai Media. 1(1), 38–43.
Santika, W., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Si Kancil Dan Buaya Kelas Iv Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762
Syarifuddin, Bata Ilyas, J., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/biemr/article/view/102
Tara, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Pada Kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 502–510. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
Zaidan Almahdi, S. V. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta, 2014, 1–6.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i3.6030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.