EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG BAHASA INDONESIA KELAS V SD

Winda Ayu Puspita, Yushinta Eka Farida, Dwiana Asih Wiranti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas model NHT terhadap hasil belajar siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng Bahasa Indonesia kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eskperimental. Pada penelitian ini menggunakan one grup pretest posttest. Tes awal dilakukan sebelum perlakuan (treatment). Ini dilakukan agar peneliti dapat membandingkan hasil keadaan sebelum dan setelah perlakuan. Peserta didik diberikan tes akhir setelah perlakuan (treatment) selesai. Teknik yang digunakan adalah sampling jenuh dengan menggunakan setiap individu dalam populasi sebagai sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model NHT dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari nilai rata-rata hasil posttest sebesar 76,27 lebih tinggi dari nilai awal pretest 58,33, menunjukkan peningkatan nilai sebesar 17,94. Selain itu, dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih kecil dari t tabel dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan derajat kebebasan (df) 28 dan tingkat signifikansi 0,05, nilai t tabel adalah 2,048. Ini karena nilai t hitung (-16,248) jauh lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model NHT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD N 2 Sukosono dalam menentukan elemen intrinsik cerita dongeng Bahasa Indonesia.

Keywords


model NHT;unsur intrinsik cerita;hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian

AKILAH, F. (2019). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan : Manifestasi Dan Implementasi. Didaktika, 11(1), 81. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.156

Antika, H. A. D., Sofiana, N., & Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role-Playing Dengan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5330–5339.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i3.38

Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3067

Guniarti, B. E., Arifin, J., & Idawati, I. (2023). The Effect of Numbered Head Together Learning Model on Social Skills and Learning Outcomes of IPS Class V Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3244–3252. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6452

Hasibuan, J. B., & Wahyudin, D. (2023). Implementation of the NHT Type Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(2), 117–146. https://doi.org/10.32533/07201.2023

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lisnawati, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Fabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik NHT Kelas VII MtsN 2 Agam. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 115–127. http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/481%0Ahttps://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/download/481/498

Mahmudah, H., & Rasyid, F. (2022). Engaging Students in Cooperative Learning Model of Reading Course Through Numbered Head Together. ETERNAL (English Teaching Journal), 13(1), 55–69. https://doi.org/10.26877/eternal.v13i1.10339

Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544

Mardiah, Napratilora, N., & Nurhaqia, S. (2023). Mendongeng Melalui Jenis-Jenis Dongeng Untuk Anak Usia Dini. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Muhammad Faruq Dzulfiqar Daenuri, & Sandi Budiana. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Canva Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 447–455. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2015

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, H. S. P. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 627–635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.761

Prayekti, H., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Numbered Heads Together ( Nht ). 7(1), 38–41.

Pujiraharjo, Y., Kreatif, F. I., Telkom, U., & Bandung, K. (2019). Dongeng Sebagai Media. 1(1), 38–43.

Santika, W., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Si Kancil Dan Buaya Kelas Iv Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762

Syarifuddin, Bata Ilyas, J., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/biemr/article/view/102

Tara, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Pada Kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 502–510. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Zaidan Almahdi, S. V. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta, 2014, 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i3.6030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.