KORELASI KEDISPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SINGKAWANG

Waldy Ashiri Ramadhan, Abd Basith, Sumarli Sumarli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa kelas III SDN 8 Singkawang; (2) mendeskripsikan tingkat capaian pembelajaran di ranah kognitif sains bagi siswa kelas III SDN 8 Singkawang; (3) mengetahui korelasi antara disiplin dan hasil belajar di ranah kognitif sains bagi siswa kelas III SDN 8 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Jumlah penduduk dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A dan III B dengan total 63 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas IIIA dan III B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner disiplin dan dokumentasi hasil belajar di ranah ilmu kognitif siswa SD kelas III dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) tingkat disiplin belajar siswa berada dalam kategori sangat baik sebesar 96,84%. Hasil ini menunjukkan bahwa sikap disiplin siswa sangat baik dalam belajar. (2) Hasil belajar ilmu kognitif siswa dapat diperoleh dengan nilai rata-rata 89,69%. Hal ini ditunjukkan pada kategori sangat baik (3) korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada ranah ilmu kognitif siswa adalah -4,107, sedangkan rtable = 0,209, ini berarti rcount < rtable atau (-4,107 <0,209) berdasarkan hasil penelitian ini tidak memiliki hubungan positif dan korelasinya sangat rendah.

Keywords


Disiplin belajar;Hasil belajar domain kognitif;Sumber energi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dezaneru, Rio, and Nugroho Kurniawan. (2021). "Korelasi Sikap Siswa Dan Disiplin Siswa Terhadap Pelajaran Ipa Di Smp Muaro Jambi." Integrated Science Education Journal 2.1. : 20-27.

Jahja, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Rahman, Masykur Arif. (2011). Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Samatowa, U. (2006). Bagaimana membelajarkan IPA di sekolah dasar. PT Pustaka Indonesia Press.

Situmorang, R. (2007). GBPP Teknik Pengembangan dan Pemanfaatannya untuk Mencapai Kompetensi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, dan Apri Nuryanto. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D, dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulistiyorini, S. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v10i1.5861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.