Pengembangan Media Interaktif Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktik berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas kelas IV Sekolah Dasar Islam Muhammadiyah 1 Panji Situbondo. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi langkah Borgand Gall. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli media, ahli materi, ahli bahasa, 3 guru, serta 30 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes esai. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ahli media memperoleh nilai 47 dengan kualifikasi sangat layak, ahli materi memperoleh nilai 49 dengan kualifikasi sangat layak, ahli bahasa memperoleh nilai 47 dengan kualifikasi sangat layak, uji guru pertama memperoleh nilai 57 dengan kualifikasi sangat layak, uji uji guru kedua memperoleh nilai 58 dengan kualifikasi sangat layak, uji guru ketiga memperoleh nilai 59 dengan kualifikasi sangat layak. Hasil uji efektivitas ada perbedaan yang signifikan dalam literasi budaya siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan media interaktif berbasis web. Disimpulkan bahwa media interaktif berbasis WEB sangat layak dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan literasi budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, M. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 7(2): 65-71. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17472
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. 2022. Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran [Monograph]. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. https://repositori.kemdikbud.go.id/24972/
Faizah, D. U., et al. 2016. Panduan Gerakan literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Indonesia News Center. 2021. Microsoft Study Reveals Improvement In Digital Civility Across Asia-Pacific During Pandemic – Indonesia News Center. Microsoft. https://news.microsoft.com/id-id/2021/02/11/microsoft-study-revealsimprovement-in-digital-civility-across-asia-pacific-during-pandemic/
Juniari, I. G. A. O. & Putra, M. 2021. Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha. 8(1): 140-148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Kemendikbud. 2021. Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Diakses pada 11 Juni 2024. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki
Kemendikbud. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka, Muatan Kearifan Lokal Bisa Dimasukkan Melalui Tiga Opsi. Diakses pada 11 Juni 2024. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/implementasi-kurikulum-merdeka-muatan-kearifan-lokal-bisa-dimasukkan-melalui-tiga-opsi
Khairunnisa & Jannah, R. 2022. Kemampuan Literasi Baca Tulis Numerasi Serta Budaya dan Kewargaan Siswa MI di Kota Banjarmasin. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 8 (1): 30-43. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6619
Martin, F., & Betrus, A. K. 2019. Digital media for learning: Theories, processes, and solutions. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-33120-7
Ningsih, S., Murtadlo, & Farisi, M. I. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura: Journal Of Educational Management. 4(1): 108-122. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2222
Nurkholis, Raharjo, H., & Aji, T. S. 2022. Penggunaan Learning apps sebagai Media pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(4): 1508-1515. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3108
Parmiti, D. P., Antara, I. G. W. S. & Wulandari, I. G. A. A. M. 2022. The Effectiveness of E-Scrapbook Media Containing HOTS Questions on Science Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation. 6(3): 484–491. https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.52078
Permatasari, D., Latip, A., & Purnamasari, S. 2024. Implementasi Media Powtoon Berbasis Sosio-Scientific Issues pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa. Inkuiri: Jurnal Pendiidkan IPA. 13(1): 9-17. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.80043
Prabawa, D. G. A. P. & Restami, M. P. 2022. Efektivitas Konten Digital Menggunakan Prinsip Segmentasi di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu. 27(1): 72-80. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.41218
Prasetya, A., Ulfa, S. & Susilaningsih. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 5(2): 111-122. http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i22022p111
Pratama, A. N. & Batubara H. H. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 4(2): 157-168. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1082
Putra, I. G. N. A., Kristiantari, M. G. R. & Wiarta, I. W. 2024. Media Video Animasi yang Layak dan Efektif diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 8(1): 101-107. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.74473
Riyanto, A. D. 2024. Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Diakses pada 11 Juni 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Sartono, E. K. D., Ambarsari, R. & Herwin. 2022. Interactive Multimedia Based on Indonesian Cultural Diversity in Civics Learning in Elementary Schools. Cypriot Journal of Educational Sciences. 17(4): 1192-1203. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i4.7136
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukma, K. I. & Handayani, T. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(4): 1020-1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
World Economic Forum. 2015. New Visionfor Education: Unlocking the Potential of Technology. Geneva:WEF
Yu, B. & Zadorozhnyy A. 2021. Developing students’ linguistic and digital literacy skills through the use of multimedia presentations. The Journal of the European Association for Computer Assisted Language Learning (ReCALL). 34(1): 95-109. https://doi.org/10.1017/S0958344021000136
Yuill, N. (2021). Collaborative Technology in the Classroom. In N. Yuill (Ed.), Technology to Support Children’s Collaborative Interactions: Close Encounters of the Shared Kind. Springer International Publishing. 83–104. https://doi.org/10.1007/978-3-030-75047-3_5
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.5824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.