Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Maria Eviliana Nusi, Gunta Wirawan, Rini Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Antara Kelas Eksperimen Dan Kelas Kontrol; 2) Menganalisis Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IV SDS Torsina III Singkawang yang berjumlah 59 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB di SDS Torsina III Singkawang yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes soal keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test) berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik yang di analisis dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD antara kelas yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukan dari taraf signifikansi antara kelas eksperimen 0,01 < 0,05, dan kelas kontrol 0,01 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD. Hal ini di tunjukan dari taraf signifikan 0,01 < 0,05.


Keywords


Model Pembelajaran Mind Mapping;Keterampilan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Alpiyanah, Y., Jaelani, A. K., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Maria Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 793-799.

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 61-62.

Darmadi. (2012). Kemampuan Dasar Mengelola Mengajar. Bandung: Alfabeta

DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Djuwita Puspa. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Berbasis Pendidikan Nilai. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 3(2), 150-156.

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC. Hakikat dan Penerapan Model mind mapping dalam Pembelajaran di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 8(1), 35-42.

Fathurrohman & Wuri W. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1-18.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Lestari, H, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTS Al-Ishlah Lumajang Tahun Pembelajaran 2022-2023. Skripsi. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

Lestari, R.. Wibowo, M. E. & Awalya. (2020). Group Guidance of Mind Mapping to Improve Critical Thinking Skills Rahayu. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 8-13.

Marviyanasari, S. (2016). Keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi melalui model mind mapping (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).

Mu’Alim. (2018). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV Sdn Ngampel 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 2(2), 2.-7.

Mudjiono & Dimyati. (2015). Belajar & Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Naim. (2009). Penerapan Metode Quantum Learning dengan Teknik Peta Pikiran (Mi.nd Mapping) dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Kreatif, 6(1), 82-100.

Nardila, N, E, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar (study pada kelas V SDN Tegalasri 01 Wlingi). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 373-379.

Nardila, N, E, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar (study pada kelas V SDN Tegalasri 01 wlingi). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 373-379.

Normaya Karim. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 93.

Novia Nardila E, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Mempertimbangan Motivasi Belajar (Study Pada Kelas V SDN Tegalasri 01 Wlingi). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 373-379.

Nurrachmawati Reza, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basiedu, 6(5). 8027-8032.

Panggih Nur Adi, dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn Melalui Model Belajar Mind Mapping. Journal Of Moral And Civic Education, 5(2), 94-101.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biologi Education, 1(3), 35-40.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sholahudin, M. S., Putra, D. A., & Setiawan, F. (2021). Meta Analisis Menggunakan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 47-58.

Sihotang, K. (2019). Berpikir kritis kecakapan hidup di era digital. PT KANISIUS : Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sisma Marviyanasari. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Model Mind Mapping. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Swadarma, D. (2013). Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Wibowo, N. (2017). An Application Of Mind Mapping Teaching Model Model To Enhance Natural Science Learning Achievement In The Fifth Graders In The First Semester At Sd N 4 Kaliuntu. In International Journal of Elementary Education, 1(4), 244-248.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.5674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.