PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 23 SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penggunaan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dan efikasi diri terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa secara simultan pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 23 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design, dengan bentuk desain post-test only control design peneliti dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 23 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, Setelah pengambilan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen kelas IVA yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POE dan IVB kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, uji statistik menggunakan two way anova dan uji T independent. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA siswa antara kelas yang diberikan penerapan model pembelajaran POE dengan kelas yang diberikan pembelajaran langsung dan efikasi diri secara simultan pada materi perpindahan kalor kelas IV SDN 23 Singkawang; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa antara kelas yang diberikan model pembelajaran POE dengan kelas yang di berikan model pembelajaran langsung pada materi perpindahan kalor kelas IV SDN 23 Singkawang; (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa ditinjau dari efikasi diri tinggi dan rendah pada materi perpindahan kalor kelas IV SDN 23 Singkawang; (4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan efikasi diri terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa; (5) Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran POE ditinjau dari efikasi diri tinggi dan rendah pada materi perpindahan kalor kelas IV SDN 23 Singkawang; (6) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari efikasi diri tinggi dan rendah pada materi perpindahan kalor kelas IV SDN 23 Singkawang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdawiyah, R, Ekosari R, and Widodo S W, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Peserta Didik SMP, Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains.
Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1651. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p923-932
Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2827.https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Altunsoy, S., Cimen, O., Ekici, G., Atik, A.D., Gokmen, A. (2010). An Assessment of the Factors that Influence Biology Teacher Candidates’ Levels of Academic SelfEfficacy. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2 (2010) 2377–2382. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.340
Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Andriani, R., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berorientasi Chemoentrepreneurship Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 94-101. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/article/view/1649.https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1649
Aurah, C.T., Cassady, J.C., McConnell, T.J. (2014). Predicting Problem Solving Ability from Metacognition and Self-Efficacy Beliefs on a Cross Validated Sample. British Journal of Education, 2(1), 49-72. Retrieved from https://eajournals.org/bje/vol-2-issue-1march-2013/predicting problem-solving-ability-metacognition-self-efficacy-beliefs-cross-validated-sample-2/.
Bandura, (1998). Efikasi Diri Dalam vs Ramachaudran, Ensiklopedia Manusia Perilaku Vol 4 Hlm 71-81, New York: Pers Akademik. (Dicetak Ulang dalam H.Friedman, Ensiklopedia Kesehatan Mental, San Diego: Academic Press.
Bars, M., Oral, B. (2017). The Relationship among Metacognitive Awareness, Self Efficacy toward the Teaching Profession and the Problem-Solving Skills of Teacher Candidates. Eurasian Journal of Educational Research, 72(2017), 107-128. https://dergipark.org.tr/en/pub/ejer/issue/42492/511877.doi:10.14689/ejer.2017.72.6
Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4859.https://doi.org/10.30870/jppm.v12i 1.4859
Firdaus, M., Sulistri, E., & Anitra, R. (2023). Hubungan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Ranah Kognitif Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 88 Singkawang. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 103-111. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/14633. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14633
Fred N. Kerlinger. (1967).‘Social Attitudes and Their Criterial Referents: A Structural Theory’, Psychological Review, 74.2, 110–22. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/5342346/.https://doi.org/10.1037/h0024301
Ghufron, M. N., Suminta, R. R., & Psikologi, P. S. (2017). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20. https://jurnal.ugm.ac.id/ https://doi.org/10.17509/insight.v1i1.8443
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hsieh, P., Cho, Y., Liu, M., Schallert, D.L. (2008). Middle School Focus: Examining the Interplay between Middle School Students Achievement Goals and SelfEfficacy in a Technology-Enhanced Learning Environment. American Secondary Education, 3(36), 33-50. Retrieved from http://list.shaanan.ac.il/fl/files/282.pdf
Huinker, D. dan Laughlin, C. (2001). Communication in Matematics, K-12 and Beyond. USA: NCTM.
Humairoh, P., Iuthfi, A., & Daulay, M. I. (2022). Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1337-1343. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3075125&val=13953&title=Pengaruh%20Model%20Predict-Observe-Explain%20POE%20Terhadap%20Kemampuan%20Pemahaman%20Konsep%20Siswa%20Sekolah%20Dasar.https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4150
Indrawati, dan Setiawan, Wanwan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: (PPPPTK IPA).
James, D. (2010). Practical e Teaching Strategies for Predict – Observe – Explain ProblemBased Learning and Role Plays. Australia: LAMS International Australia.
Jannah, M., Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Profil Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Konteks Pesapean Ditinjau dari Efikasi Diri. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 315-324. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/598.https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.598
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self- efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/375.https://doi.org/10.25157/.v2i1.765
Joyce, B. (2009). Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juniari, N. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran POE Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha, 9(5), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3107.https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3107
Kala, N., Yaman, F., & Ayas, A. (2013). The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Technique in Probing Students’ Understanding about Acid-Base Chemistry: A Case for The Concepts of pH, pOH, and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, 11(3), 555-574. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-012-9354-z https://doi.org/10.1007/s10763-012-9354-z
Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Mahanal, S., Zubaidah, S., Bahri, A., & Maratusy, D. S. (2016). Empowering students’ critical thinking skills through Remap NHT in biology classroom. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching (Vol. 17, No. 2, pp. 1-13). Hong Kong Institute of Education.
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/917.https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196
Nugraha, D. A., Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2019). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 174. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i 0.37768
Nurani, Mida. Riyadi. Dan Subanti, Sri. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284- 292. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3388.https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388
Nurliana, A., Rodiyana, R., & Haryanti, Y. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 776–786. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/112
Nurwidawati, D., dan Handayani, F. (2013). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character. Volume 01, Nomor 02. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1868. https://doi.org/10.26740/cjpp.v1i2.1868
Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019). Studi Literature Model Pembelajaran POE. Penguatan Pendidikan & Kebudayaan Untuk Menyongsong Society 5.0, 704– 710.
Rahmi, R., Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 27-34. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/8733. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8733
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, E. S., Rusilowati, A., & Wardono, W. (2016). Analisis pemahaman konsep IPA siswa SD menggunakan two-tier test melalui pembelajaran konflik kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56-65. https://journal.unnes.ac.id/sju/jpe/article/view/12893
Usher, E. L. (2009). Sources of Middle School Students' Self-Efficacy in Math: A Qualitative Investigation of Student, Teacher, and Parent Perspectives. American Educational Research Journal, 46, 275-314. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/0002831208324517 https://doi.org/10.3102/0002831208324517
Warsono, dan Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
White, R,T and Gustone, R.F. (1992). Probing Understanding. Great Britain: Falmer Press.
Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di gugus II kecamatan banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 12–14. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847.https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5847
Wiguna, C. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Geografi Gea, 13(1).https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3306.https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3306
Wiratmaja, C. G. A., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan emotional intelligence siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1061
Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD melalui model pembelajaran numbered head together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330-341.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25351.https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25351
Yuksel, I., Ates, S. (2017). The Effect of Two Approaches to Developing Reasoning Skills of Preservice Science Teachers. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 8(3), 19-35. Retrieved fromhttp://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/03.ibrahim_yuksel.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i3.5670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.