Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Rahma yesi, Amir Luthfi, Muhammad Syahrul Rizal, Melvi Lesmana Alim, Yanti Yandri Kusuma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kapasitas kognitif siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan materi audio visual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dikategorikan sebagai penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN 017 Laggini Bangkinang. Tes kognitif merupakan alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Uji Independent Sample t-test, uji Homogenitas, dan uji Normalitas digunakan dalam analisis statistik. H1 dapat disetujui karena nilai thitung > ttabel, sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan data dengan nilai thitung adalah 2,869 dan ttabel adalah 2,10. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar berdasarkan bukti tersebut yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.


Keywords


model pembelajaran Problem Based Learning;media audio visual;kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Ali, L. U., Dk, E., Tarbiyah, F., & Agama, I. (2018). Pengelolaan

Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di

Kabupaten Lombok Timur. 6(2009), 103–112.

Anisaunnafi’ah, R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning

Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojokan Tamanan Bangun Tapan Bantul. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmara, A. P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TENTANG PEMBUATAN KOLOID. Jurnal Ilmiah Didaktika Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 156–178.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. 141–148.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasi audio visual terhadap peningkatan hasil belajar sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 3.

Khoruddin, N. (2012). Pengembangan Media dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 Untuk Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Masna, M. intan, Fatmawati, F., & Rahman, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.534

Noviasari, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Iv B Sd Negeri Tegalrejo 3 Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(12).

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Stefany, E. M. (2014). Pengaruh Strategi ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Negara. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganeshaendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik . Jakarta: Universitas Terbuka.

Ulva, E., Murni, A., & Riau, U. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN SE-KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PADA. Jurnal Cendekia, 04(02), 1230–1238.

Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Mode Problem Based Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19–26.

Widjajanti, D. J. (2012). Problem Based Learning danContoh Implementasinya. Yogyakarta: Makalah FKIP Matematika UNY. Widyaningrum, A., Wasitohadi., Theresia, S. R. (2013). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA DI KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 154–166.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.