EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IPA MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Nelly Wedyawati, Yasinta Lisa, Erma Ester Magdovia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IPA mitigasi bencana terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah bentuk quasi eksperimen design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 09 Sintang dengan sampel penelitian 24 siswa di kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi langsung, pengukuran, komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Perhitungan efektivitas menggunakan rumus effect size. Hasil perhitungan menunjukan bahwa: (1) Hasil pretest kelas eksperimen sebesar 36,75 sedangkan hasil posttest sebesar 80,75 dengan peningkatan sebesar 0,69 sedangkan pada kelas kontrol hasil pretest sebesar 38,4 dan hasil posttest sebesar 70,6 dengan peningkatan sebesar 0,52 (2) Hasil pengujian hipotesis pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh -0,495  2,02835 Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil pengujian pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh  3,94  2,02835 Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Hasil perhitungan effect size sebesar 1,66 dengan kategori tinggi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian menunjukan model pembelajaran IPA Mitigasi Bencana pada siswa efektif dan meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Efektivitas Model Pembelajaran IPA, Mitigasi Bencana, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. G.A.T., Wibawa, I.M. C., Tika, I.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Terhadap Pemahaman dan Ketahan-Malangan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46, No. 2, Juli 98 Halaman 97-105.

K, Chandra. R., Dan Supriharjo, R. D. 2013. Mitigasi Bencana Banjir Rob di Jakarta Utara. Jurnal Teknik Pomits. Volume 2 No. 1, ISSN: 2337-3539.

Sugiantari. Suarni., Dan Margunayasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu. Articles MIMBAR PGSD. Volume 1.

Wedyawati, N. 2014. Pembelajaran IPA bervisi SETS untuk peningkatan Prestasi belajar dan peningkatan sikap tanggap Bencana siswa kelas IV SD Swasta & Negeri Nanga Pinoh. Jurnal VOX Education. Volume 5 nomor 2 hal. 43-50.

Wedyawati, N., Lisa, Y., dan Selimayati, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar.Jurnal Edukasi. Vol 15 Nomor 2 hal. 261-273.

Wedyawati, N., Dan Lisa, Y. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terintegrasi Mitigasi Bencana Untuk SD/MI Kelas IV. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Wedyawati, N., Dan Lisa, Y. 2017. Developing Integrated Natural Sciences Disaster Mitigation Model For Elementary School Sintang. Jurnal of Education Science and Technology (EST). Volume 3 No 2, p-ISSN: 2477-3840 dan e-ISSN: 2477-3840.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285347441263

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.