PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR AUDITORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan gaya belajar auditorial peserta didik terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV  di Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (X1) dan gaya belajar auditorial (X2). Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang  yang berjumlah 34 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 82,44. Sementara itu, gaya belajar peserta didik juga mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rata-rata 70,4. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik dengan gaya belajar auditorial memberikan pengaruh yang kecil terhadap tingginya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan effect size sebesar 0,32 dengan kriteria besarnya effect sizeberada pada katagori sedang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan gaya belajar auditorial peserta didik terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV  di Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (X1) dan gaya belajar auditorial (X2). Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang  yang berjumlah 34 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Bina Anak Muslim Singkawang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 82,44. Sementara itu, gaya belajar peserta didik juga mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rata-rata 70,4. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik dengan gaya belajar auditorial memberikan pengaruh yang kecil terhadap tingginya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan effect size sebesar 0,32 dengan kriteria besarnya effect size berada pada katagori sedang.


Keywords


Model Pembelajaran PBL, Gaya Belajar Auditorial, Hasil Belajar IPS.

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Daryanto dan Muljo, R. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

DePorter B., & Hernacki M. 2002. Quantum Learning. (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). New York: Dell Publishing.

Dimyanti dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. & Zein, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadari, N. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Heinich R. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Pretice-Hall.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Junierissa, M. 2015. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestsi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA Volume 2 No 2.

Made, W. 2011. Strategi Pembelajaran Inofatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

McConnell, D. 2002. Action research and Distributed Problem-Based-Learning in continuing profesional education. Distance Education, May 2002; 23, 1; ProQuest.

Ngalim, P. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusmawan. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidkan Jurnal Ilmiah, No. 2.

Sabramaniam. 2009. Motivational Effect of Interest on Student Engagement and Learning in Physical Eduction: A Review. Journal: Int J Phys Educ 46.

Silverter, Petrus, Taneo, dkk. 2009. Kajian IPS di SD. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN 15 Bandung. Jurnal Kependidikan Dasar: Volume 1, Nomor 1.

Tuti, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal EducatiO. Volume 10, Nomor 1.

Umar, T, R dan La, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.