ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 13 PRABUMULIH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan tinggi pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 13 Prabumulih. Metode pengumpulan informasi yang diterapkan adalah analisis, interaksi, dan mencatat secara langsung di Sekolah Dasar Negeri 13 Prabumlih yang memiliki populasi sejumlah 26 murid. Namun, tujuan utama dalam studi ini adalah tiga pelajar yang menghadapi kendala dalam menuntaskan persoalan HOTS yang teridentifikasi penilaian guru kelas. Proses analisis data dilaksanakan dengan memperkecil data, menyajikan data, dan mengambil simpulan. Penelitian ini mengungkap faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS mengenai bangun datar termasuk kurangnya kecermatan siswa dalam melakukan perhitungan serta kurangnya kecermatan siswa dalam mengerjakan soal dalam mengaplikasikan rumus yang sesuai, kurang pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan, kurang pengetahuan siswa mengenai rumus yang sesuai, kurang pemahaman siswa terhadap proses operasi hitung, kurangnya kecermatan siswa dalam mengerjakan soal, kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memahami tujuan soal serta kekurangan kecermatan dalam membaca soal, kurangnya fokus siswa dalam proses pembelajaran, kurang perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru, serta jarangnya siswa berlatih mengerjakan soal yang berbasis HOTS. Selain itu, penting untuk memberikan latihan soal yang memiliki kesamaan, siswa harus menguasai konsep dan mengingat rumus bukan hanya sekedar menghafal, siswa harus memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asdarina, O., & Arwinda, N. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan …, 2(1), 1–11.
Baiduri, Utomo, D. P., & Wardani, C. (2021). Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpesonal (Cetakan pe). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239
Dadiara, S. P., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Tipe High Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 80–87. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p80-87
Destiniar. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal Hots Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 163.
Isnawati, & Tina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022
Juanti, S., Karolina, R., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 4(2), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.239-248
Kusumasari, D. A., Kiswoyo, M. M., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104–117.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., & ... (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 6, 9325–9332.
Najiah, K. A., & Soleh, A. N. (2022). Analisis Kesulita Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTs ( Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Depokrejo. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(55), 273–283.
Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., & Riyanti, H. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8251–8258.
Oktafia, R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berorientasi PISA ditinjau Dari Gender Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Masaran.
Pratama, R. N., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Hots Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 1 Gunungsari. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 89-101.
Primatika, J. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIII, 9, 61–70.
Razak, F., Yunani, A., & Aminah, S. (2022). Deskripsi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal hots matematika di sma negeri 3 pangkep. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 46–58.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resuliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel (Galih Dani). purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Septiyana, E., Sukasno, & Hajani, T. J. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Aquinas, (1), 232–238.
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. B. M. S. S. D. P. O. H. B. B. (2019). KESULITAN BELAJAR MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4823
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.