HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 8 SINGKAWANG

Sonia Sonia, Abd. Basith, Wasis Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat efikasi diri siswa kelas IV SD Negeri 8 Singkawang; 2) mendeskripsikan tingkat hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 8 Singkawang, 3) mengetahui terdapat atau tidak hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional atau hubungan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 8 Singkawang dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik komunikasi tidak langsung yaitu skala, dengan instrumen penelitian lembar skala efikasi diri dan dokumentasi. Skala efikasi diri berjumlah 25 pernyataan dengan pilihan jawaban ya dan tidak serta dokumentasi hasil belajar menggunakan nilai rapor mata pelajaran IPS kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa berada pada kriteria tinggi (62%), dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kriteria tinggi (72%). Efikasi diri tidak memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS (r = 0,093, p < 0,05) artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa jika efikasi diri siswa tinggi atau rendah maka tidak ada hubungan dengan kenaikan atau penurunan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.

Keywords


efikasi diri;hasil belajar;mata pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Finlandia: Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64-70.

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.

Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, P. E. K. (2013). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1).

Dewi, Y. P., & Mugiarso, H. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Efikasi Diri dalam Memecahkan Masalah melalui Konseling Individu di SMK Hidayah Semarang. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 29-40.

Dimyati, M. (1988). Landasan Kependidikan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Ernaliana, E., & Rasidi, M. A. (2021). Standar Kualitas Pendidikan Dasar di Nigeria: Studi Kepustakaan. El Midad, 13(1), 41-49.

Harsanto, F. A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Metode Mind Mapping di Kelas IV. Basic Education, 6(2), 126-136.

Kurniawan, C. (2017). Wawasan Pendidikan: Studi Komparatif Sistem Pendidikan Di Beberapa Negara Maju (Korea Selatan Dan Jepang). Malang: Sekolah Tinggi Teknik Malang.

Kurniawati, Devi. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta. Basic Education, 5(23), 2.197-2.208.

Latifah, B. (2019). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Korelasi di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.

Ningrum, E. S., & Sobri, A. Y. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, 24(5), 416-423.

Saputra, E. T. (2020). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS:-. JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN dan Matematika), 1(01).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial. (2009). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i3.4751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.