PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Kahoot Berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kolaboratif tindakan kelas. Penelitian dilakukan di sd global maju khatulistiwa. Pada siklus I rata-rata evaluasi penilaian pelaksanaan rencana pembelajaran dengan rata-rata hitung 4,06, pada siklus 2 dengan rata-rata hitung 6,92 dan pada siklus 3 rata-rata hitung 8,76. Pada siklus 1 penilaian guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan rata-rata hitung 4,7, pada siklus 2 rata-rata hitung 7,03 dan pada siklus 3 mencapai 8,72. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 71,33, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 80,28 dan pada siklus III 3 hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 91,14. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan intervensi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Aplikasi Kahoot Berbasis Android Pada Kelas V SD Global Maju Khatulistiwa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori dan Rusman. (2007). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: Pena Persada.
Barus & Soedewo. (2018). Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi – Institut Pertanian Bogor. Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal. Retrieved From (Https://Bit.Ly/2UPO2gA)
Ilmiyah, Nur Hafidathul. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Surabaya. Journal of Information Engineering and Educational Technology. Vol 3 No 1 https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Nur, Afifah Silvi. (2017). Pembinaan Karakter Mandiri Dan Peduli Sosial Berbasis Boarding School Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Univeritas Pendidikan Indonesia
Putri, Aprilia Riyana & Muzakki, Muhammad Alie. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Dengan tema Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. Kudus, 20 Maret 2019. ISBN: 978-602-1180-99-0.
Rifayanti, Zuni Eka Tiyas. (2021). Penggunaan Media Kahoot pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Nurul Iman. Univeristas Sebelas Maret. Jurnal Dwija Cendikia Riset Pedagogik. Vol 5, No 2 (2021). DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56064
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Dua
Sudjana, Nana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wirawan, Agus. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. STMIK Pringsewu Lampung. Jurnal Edumath , Volume 3 No. 2, (2017) Hlm. 164-170 ISSN Cetak : 2356-2064 ISSN Online : 2356-2056
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.