PENGARUH PENGGUNAN MEDIA REALIA BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF ESTEEM SD NEGERI 1 LUBUK MAKMUR

Maya Etayanti, Nila Kesumawati, Putri Dewi Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah terdapat dampak dari penerapan Media Realia Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Harga Diri di SD Negeri 1 Lubuk Makmur. Metode riset yang diterapkan adalah metode yang digunakan dalam riset ini yaitu kuantitatif yang true eksperimen dengan menggunakan bentuk desain Posttest Only Control Group Design. Dalam rancangan metode penelitian true eksperimen “Posttest Only Control Group Design” ini dipakai satu golongan. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa dengan jumlah 260 orang. Sampel terdiri dari kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen dengan 20 siswa yang menerapkan pendekatan eksperimen, dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol dengan 19 siswa yang mengikuti pendekatan konvensional. Metode pengumpulan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengevaluasi kecakapan sambungan matematika. Manova digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Ada konsekuensi besar dari pemanfaatan media realia yang berfokus pada lingkungan terhadap kemampuan koneksi matematis dan harga diri di SD Negeri 1 Lubuk Makmur. 2. Terdapat perbedaan dalam hasil belajar berdasarkan kemampuan koneksi matematis dan harga diri siswa dalam materi bangun datar di SD Negeri 1 Lubuk Makmur.


Keywords


Media;Koneksi Matematis;Self Esteem.

Full Text:

PDF

References


Alamansyah, S., & Sudrajat. (2021). Belajar Pembelajaran Di

Sekolah Dasar. CV Budi Utama.

Algiranto, A., Yampap, U., & Bay, R. R. (2021). Penggunaan Media

Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 134-138.

Armayani, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self Esteem Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dikelas V MI Darussalam Bengkulu Tengah. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 249-252.

Bakril, MS, Kartonoa, dan Dewi. Kemampuan Siswa untuk Menghubungkan Matematis Dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Pengajar Sahabat Prism: Proceedings of the National Mathematics Seminar, Vol. 2, ISSN 2613-9189, pp. 754–758.

Berlinda, K., Haji, S., & Hanifah. (2023). Jurnal Didactical Mathematics. 5(April), 30–37.

Dinandar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Smk Dharma Karya Jakarta.

Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Rusdin, Wahnyuni, M., Irhan, M., Akmal, N., dan Nasruddin (2021). Problematika Pembelajaran Matematika.

Fitriah, A., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis dan self esteem siswa sma di kabupaten bandung barat.JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif),2(4), 197-208.

Fitriani, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Taksonomi Bloom. Lemma: Letters of Mathematics Education, 8(2), 91-98.

Fonna, M., Herizal, H., dan Mulyadi, R. (2021). Muhammad Zaini Publishing Foundation. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11– 18. Analisis Self-Esteem Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi COVID-19. https://Ejurnal.Iainlhokseumawe.Ac.Id/Index.Php/ArRiyadhiyyat /Article/View/1339

habibah Umi, U. (2019). pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Pada Anak Usia Dini. PM Publisher.

Herawati, L. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering Dalam Pembelajaran Metematika Siswa Kelas Va Di Sdn 99 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Hermanto. (2016). Bahasa Indonesia Bagi Punutur Asing. Penerbit Samudra Biru.

Kurnia, L. A., Syaflin, S. L., & Sholeh, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Berbasis Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 351.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematka. CV Budi Utama.Monica, Kesumawati, dan Septiati

Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Siswa Mengatasi Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis mereka. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 156.

Mudana, I. G. A. M. G., Studies, S., Sciences, B., & Vol, S. (2019). ,)2(2 ,Jurnal Filsafat Indonesia .ةمبج لیضعبل یئیبلا رطخلا مییقت 1 2 3 .75

Napitulu, & Dedi, S. (2018). Madrasah Ramah Lingkungan. CV Widya Puspita.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (Ed.)). CV Jejak, Nggota IKAPI.

Nurhasana, D. P. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Ips Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sd. Journal Civics And Social Studies, 81.

Putri, HE, Muqodas, IA, Wahyudy, MA, Abdulloh, A., Sasqia, AS, dan Afita, LANA. Kemampuan: Kemampuan untuk bermatematika serta pengembangan instrumennya.

Refnadi, R. (2018). UPI Sumedang Press. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16.

Rohayati, H. (2018). Self-Esteem Concepts and Its Impact on Students. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sdn 263 Rancaloa, Penggunaan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Ipa. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 94-100. https://Doi.Org/10.31949/Jee.V1i1.811

Saefullah, A., Syarif, M., & Dahlan, D. (2019). Model Pendidikan Islam Bagi Pecandu Narkoba. Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.

Saputri, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas Iii Mi Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Satrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. CV Budi Utama. Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Bumi Aksara. Sumiyati, Asfar, dan Asfar, A. M. I. T. (2021). Metode Pembelajaran

Online Berdasarkan Kearifan Lokal: A'Bulo Sibatang, Assamaturu, Mappesabbi, dan Sipakatau Resume dari Media Sains Indonesia.

Susanto, A. Konsep, Teori, dan Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah PREDADAMEDIA GROUP.

T emaluru, Y ., & Unaradjan, D. D. (2019). Pengembangan Kemampuan Personal. Universitas Katolik Indonesi Atmaja.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Febriyanni, R., Prasetyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Wicaksono, A., Rosalina, N., & Saija, L. M. (2021). Media untuk Pembelajaran Matematika. Muhammad Zaini Publishing Foundation.

Yaumi, M. (2021). Pembelajaran Media dan Teknologi. SFS Sirate.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.