Pengembangan Media Explosion Box Nusantara Materi Keberagaman Suku Dan Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Ni Wayan Wanda Veronnica, Bukman Lian, Kiki Aryaningrum

Abstract


Salah satu kesulitan belajar yang sering kali ditemui dalam proses belajar mengajar dikelas yaitu rendahnya minat serta motivasi siswa untuk belajar, terutama dalam mata pelajaran IPS, beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi yaitu antara lain media pembelajaran yang digunakan cenderung monoton, kurang bervariasi dan juga kurang mengikuti perkembangan zaman. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah Bagaimana hasil kevalidan dan kelayakan pengembangan media Explosion box Nusantara materi Keberagaman Suku dan Budaya Kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 195 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian dari keseluruhan validasi dengan 4 orang ahli atau pakar yang terdiri dari 3 orang dosen dan 1 pendidik yaitu guru kelas IV SD Negeri 195 Palembang mendapatkan persentase sebesar 87% dengan kriteria "Valid" pada aspek media, 89% dengan kriteria "Valid" pada aspek materi, 90% dengan kriteria "Valid" pada aspek bahasa dan dari media di lapangan mendapatkan persentase sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Explosion box Nusantara adalah valid dan layak untuk digunakan. Selain itu, mereka memiliki kemampuan untuk menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar IPS, terutama berkaitan dengan topik keberagaman suku dan budaya, sehingga nantinya para peserta didik mendapatkan lebih banyak lagi pengetahuan terkait keberagaman yang ada di Indonesia.


Keywords


Media Pembelajaran; Minat Belajar; Motivasi Belajar; IPS; Explosion Box; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. L. (2023, Januari 3). Nama-Nama Daerah dan Suku Bangsa: Orang Batak dan Nias tinggal di Sumatera Utara, salah satu dari 37 Provinsi Indonesia. Retrieved Februari 7, 2023, from Seputar Lampung:

Efiani, N., Fuad, Z. A., & Marlini, C. (2020, 9). Pengaruh penggunaan media kotak terhadap kemampuan membaca nyaring di SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Sains Mahasiswa untuk Pendidikan.

Fauziah, n. N., Lestari, R., & Rustini, T. (2022). Pertumbuhan pendidikan IPS di Indonesia pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 89-103.

Jumriani, J.,Syahruddin, S., Hadi, N.T.F.W.,Mutinai,M.,& Abbas, E.W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.

Martani, F.R. (2022). Pengembangan kotak ledakan pada sifat material dan klasifikasi benda hidup untuk kelas 7 SMA TESI.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14-26.

Nasriya, T.Z., Wuryandani, W., dan Mulyono. (2021). kotak ledakan:

Nasution, T. & Lubis , M.A. (1999). (2018). Alat pembelajaran komponen ekosistem untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Progresif (Majalah untuk Pendidikan Progresif), 338-348.. Konsep Bazaj IPS. Di Yogyakarta:

Pratiwi, C. Y., & Damayanti, M. I. (2019). Pengembangan Media Doodle Pop Up Explosion Box Untuk Keterampilan Menulis Cerita Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5), 3327-3336.

Safitri, A. R., Putra, A. P., & Mudiono, A. (2021). Development of Three-Dimensional Thematic Explosion box (TEP) Media While Strengthening the Curiosity Character in Elementary School Class II Konferensi Internasional Keempat Tentang Pendidikan, 140-150.

Sugiono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, F. E., & Yarshal, D. (2022, 12 3). Pengembangan Explosion box sebagai Media Pembelajaran untuk Tema Masyarakat Sejahtera di Kelas VI SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 523-530.

Yulianti, Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Mengembangkan buku ajar pendamping tradisi manga berbasis budaya lokal untuk pembentukan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. MAJALAH DASAR, 8897-8908.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.