PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR GAYA KELAS IV SD

Desi Anggraeni, A Heryanto, Sunedi Sunedi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pengajaran kontekstual (CTL) terhadap motivasi dan minat belajar gaya siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tugu Mulyo. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tugu Mulyo pada tahun akademik 2022/2023. Sementara itu, sampel penelitian diambil secara keseluruhan. Untuk analisis data, angket digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket motivasi awal memiliki nilai rata-rata 57,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Hasil angket motivasi akhir dengan nilai rata-rata 77,6786 termasuk dalam kategori baik setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan begitu, dapat disarikan bahwa model pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bisa meningkatkan motivasi belajar metode di kelas IV SD di SD Negeri 01 Tugu Mulyo. Berdasarkan hasil riset didapatkan nilai rata-rata hasil kuesioner minat awal sebesar 56,4286 yang termasuk dalam kategori memadai. Setelah diterapkan bentuk pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), nilai rata-rata hasil kuesioner minat akhir sebesar 75,1786 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bentuk pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar metode di kelas IV SD di SD Negeri 01 Tugu Mulyo.


Keywords


Contextual Teaching and Learning; Motivasi; Minat; Gaya

Full Text:

PDF

References


Ahrisya, L., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengaruh model

pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 1 di MI YPSM Al Manaar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 306-314.

Furqon, Al A. F. (2015). STRES SEKOLAH DI KALANGAN SISWA DAN UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANINYA (Studi Kasus di SMPN 1 Cikande-Serang) (Doctoral dissertation, IAIN SMH Banten).

Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271-287.

Arifin. (2019). Penyempurnaan Moralitas Melalui Penguatan Warisan Budaya Di Sma Negeri 5 Kupang. Jurnal saintifik UPTP2M STKIP Siliwangi, 7-12.

Bhughe, K. I. (2022). Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal of Education, 1(1), 16-23.

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi.

Hamuni, Idrus, M., & Aswati. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Heryanto, A. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Lagu Yamko Rambe Yamko Dengan Menggunakan Alat Musik Rekorder Sopran Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Banyuasin 1. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 216-227.

Heryanto, A., Wadiyo, Cahyono, A., & Suharto. (2023). Pendidikan Seni Berlandaskan Tekno-Ideologi; Evaluasi Pembelajaran Notasi Musik Dalam Konsep Transposisi. Universitas Negeri Semarang , 1.

Iskandar. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru dan Pedoman Penulisan PTK Bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Iskandar. (2019). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.

Made, Wena. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Memanti, I. U., Armariena, D. N., & Selegi, S. F. (2022). Keefektifan pemberian poin hadiah terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jurnal penelitian pendidikan dasar, 465.Novita, T., Destiniar, & Sunedi. (2022). Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pelajaran Bangun Datar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru, 280.

Nurjanah, S. (2020). Penerapan Nilai Budi Pekerti Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Manshuro Ambon. Jurnal Lingue, 55- 59.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pelaksanaan Prinsip-prinsip Pendidikan Kepribadian dalam Lingkungan Pendidikan Kepribadian di Sekolah Dasar, 4332

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rooijakkers, Ad. (2017). Mengajar dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Presindo.

Sanjaya, Wina. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group. Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL

(Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten Oku Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108-119.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Surya, Mochammad. (2018). Psikologi pembelajaran dan pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Qurais.

Trianto. 2020. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamzah B. Uno. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Penerbit Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.