Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas VI

Nofi Elmi Mufidah, Septi Budi Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar, 2) mendeskripsikan hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar, dan 3) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi (expost facto). Populasi dan sampel dalam penlitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VI SDIT Permata Mojokerto yang berjumlah sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data prasyarat dan analisis data akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa SDIT Permata, 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar pada siswa SDIT Permata, dan 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada siswa SDIT Permata. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengungkap fakor lain yang berkaitan dengan hasil belajar siswa.


Keywords


Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anjar, R., & Sartika, S. B. (2022). Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal VEKTOR, 03(8.5.2017), 74–83. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i2.64

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Aslianda, Z., Israwati, & Nurhaidah. (2017). Hubungan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 236–243.

Ayuningtyas, I. (2017). Studi korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhlaq dengan kedisiplinan siswa kelas viii di mts negeri ketanggungan brebes tahun ajaran 2016/2017. UIN Walisongo.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan Mixed (Edisi Ketiga). In Pustaka Pelajar.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47–53. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 302–308.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(1), 151–164.

Hartono, K. O., Herlambang, T., & Tyas, W. M. (2022). Pengaruh Motivasi Intrinsik , Motivasi Ekstrinsik , dan Komiten terhadap Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Jurnal Manajemen, 14(1), 76–82. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10642

Haryanti, N., & Putra, T. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan …, 10(3), 1057–1072. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.610

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 69–75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449

Lestari, S., Dantes, N., & Sarisaya. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–12. file:///C:/Users/HP/Downloads/2686-2078-3-PB.pdf

Muhammad, S. (2020). Pengaruh Kedisplinan Beribadah di Sekolah terhadap Kedisiplinan Beribadah di Rumah pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. In UIN Suska Riau.

Natun, A. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA di SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Universitas Pendidikan Ganesha.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Rahmi, O. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 26–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Reda Boro, M., Muderawan, I. W., & Suja, I. W. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplin Diri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 19. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32405

Redyodiningrum, T. Y., Suyandari, K. C., & Susiani, T. S. (2021). Hubungan Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 643–649.

Riwana, P. P., Syahril, Irsyad, & Sulastri. (2021). Kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349–4357.

Sadjidin, M., Aristian, T. T., & Mahsul, A. (2023). Strategi Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa melalui Publikasi Tugas Pembelajaran di MI Nahdatul Ulama Tropodo Waru Sidoarjo. Indonesian Journal Education Basic, 01(01), 24–32.

Saka, L., Dewi, N., Rendra, N. T., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(September), 429–435. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777

Sinuraya, J. F. (2018). Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 24(2), 74–79. https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13945

Yulianta, T., & Sari, P. I. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas X Ips Sma Pgri 2 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 3(1), 99–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v10i1.4585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.