Penggunaan Metode Percobaan Sederhana Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN 2 Kilensari

Afif Amroellah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA anak kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 2 Kilensari dalam memahami materi gaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan metode percobaan sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi selama pembelajaran. Perkembangan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, baik dari segi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,77% dari 76,47% menjadi 88,24% dan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 17,31% dari 67% menjadi 84,31%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 15,38% dari 76,92% menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode percobaan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya.


Keywords


Hasil belajar IPA, Metode percobaan sederhana

Full Text:

PDF

References


Fitriani. (2019). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA PADA Kelas IV SDN Topa Kota Baubau. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2, No 2, Hal 122. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3111.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan, Vol 1, No 6, Hal 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141.

Hayuningtyas, N. E., Wijayanti, A., & Muhajir, M. (2018). Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Paedagogia, Vol 20, No 2, al 150. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906.

Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 515-518.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol 12, No 1, Hal 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Nur, J. I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 4, No 1, Hal 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.

Nuzula, I. F., Wulan, B. R. S., & Nurhayati, E. (2022). Pengaruh Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 7, No 2. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3146.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, Vol 6, No 1, Hal 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.

Rochiati, W. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rukinem, R. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya di Kelas V SDN 07 Silaut Kecamatan Silaut. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), Vol 4, No 1, Hal 34. https://doi.org/10.29210/02018189.

Salamah, U., & Mursal. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol 5, No 1, Hal 59–65. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8408.

Sudrajat. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Cia. Jurnal Petik, Vol 4, No 1, 44. https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.6.

Suryani, S. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 18, No 3, Hal 529. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.520.

Susanti, E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. Vol 1, No 1, Hal 151–174. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v1i1.1246.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan Penulis. Jurnal Pendidikan Ke-SD An, Vol 4, No 1. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119.

Warsiki, N. M. (2018). Implementasi Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Vol 2, No 1. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15331.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1, Hal 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.