Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL Media Kertas Warna Pada Siswa Kelas II

Siti Yuliani, Hari Sunaryo, Lia Angelia Rosalia

Abstract


Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas II, diketahui bahwa terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pembelajaran Matematika yaitu siswa merasa jenuh ketika mempelajari dan menganalisis materi, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga sebagian menyebabkan ketidak tercapainya ketuntasan belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. sehingga penggunaan media kertas warna digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran matematika Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) media kertas warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas II disebuah SD di Kota Nganjuk yang terdiri dari 18 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan post test serta observasi kelas. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran PBL media Kertas Warna di SD Negeri 2 Mungkung Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk dapat dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran PBL media Kertas Warna dapat meningkat. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran PBL media Kertas Warna dapat meningkatkan proses belajar dan kemampuan siswa dalam menentukan nilai pecahan bilangan.


Keywords


Model pembelajaran PBL; hasil belajar matematika; media kertas warna

Full Text:

PDF

References


Anjani, N. D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem based learning dengan Media Manipulatif. Journal of Education Action Research, 5(2), 246–253. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33136

Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2019). The integration of PBL and cooperative script to empower critical thinking skills of biology students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(2), 217–228. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7952

Datreni, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem based learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 369–375. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49468

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

Hidayat, W., & Aripin, U. (2023). How To Develop an E-Lkpd With a Scientific Approach To Achieving Students’ Mathematical Communication Abilities? Infinity Journal, 12(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p85-100

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem based learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224–230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278

Ratnasari, D., Prima, F., & Sugiman. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem based learning berbantu Media Game Matematika pada Kelas II di SDN 02 Doro Tahun Pelajaran 2022/2023. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 117–122. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.250

Sari, Y. I., Sumarmi, Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem based learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Sulistyaratih, N. I., Adnan, Sehalyana, & dkk. (2021). Penerapan Problem based learning dan Window Shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–88.

Suryani, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Luas Bangun Datar Segi Banyak Dengan Media Kena (Kertas Warna). Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(2), 261–267.

Uswatun Khasanah, Siswandari, T. M. (2022). Apakah Problem based learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Abad 21? Prosiding Seminar Nasional & Workshop Publikasi Artikel Ilmiah, 10–17.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 69–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.