Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 62 Singkawang Desa Wisata Bagak Sahwa

Mertika Mertika, Teguh Satria, Evinna Cinda Hendriana, Dewi Mariana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 62 Singkawang Desa Wisata Bagak Sahwa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 62 Singkawang Desa Wisata Bagak Sahwa tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV SDN 62 Singkawang Desa Wisata Bagak Sahwa. Bedasarkan hasil penelitian, penanaman karakter peduli lingkungan khususnya pada aspek perawatan lingkungan, pengurangan penggunaan plastik, pengelolahan sampah sesuai jenisnya, pengurangan emisi karbon, dan penghematan energy sudah terlaksana dengan baik hal ini terlihat dari tindakan-tidangkan yang diambil oleh guru dimana proses pelaksanaanya diintegrasikan kedalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran dengan melakukan kegiatan rutin sehari-hari maupun spontan. Faktor yang mempengaruhi penanaman karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 62 Singkawang Desa Wisata Bagak Sahwa dikategorikan menjadi dua yaitu: faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peduli lingkungan antara lain adalah adanya sarana dan prasarana, dan peran semua anggota sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah lingkungan.


Keywords


Penanaman Karakter, Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Irfandi, Y (2019). LINGKUNGAN DALAM MUATAN ENVIRONMENTAL EDUCATION PADA Pembelajaran IPS. vol. 1(1), pp. 1–12.

Suardani, N, P. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Denpasar Bali: UNHI Press.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 1, no. 2, pp. 14–20.

Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kansius.

Nursalam, Nawir M, Suardi, K Hasnah. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Banten: CV.AA Riski.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawac.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Fitrah, M. Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian; penelitian kualitatif , tindakan kelas & study kasus. Sukabumi: CV Jejak.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.4389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.