Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Negeri Pakuan. Desain penelitian ini adalah penelitian preetest-posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 1 Negeri Pakuan dengan jumlah 296 orang , dengan menggunakan sample teknik random sampling, sampel kelas 5A sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media power point dan kelas 5B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, pengumpulan data menggunakan metode tes dalam bentuk tes essay. Data yang diperoleh menggunakan uji t independent samples test, hasil analisis data diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05 sehingga ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Negeri Pakuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bambang, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran. Indonesian Research Journal On Education, 600.
Bambang, H (2022). Pengaruh Peggunaan Model Pembelajaran Ontextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Gelumbang, Indonesian Research Journal On Education, 600.
Cahyani, P. I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Pengantar Psikologi , 36.
Dewi, N. P., Wiyasa, K. N., & Ardana, K. (2018).Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media lingkungan Terhadap Kompetensi pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran , 4.
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan snowball throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains , 7.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihat, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran Efektifikah . Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , 44.
Muthoharoh.(2019). Media Power Pont Dalam Pembelajaran.Tasyri , 24.
Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nofia. (2017). pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Menjelaskan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Siswa Kelas IV SDN Bareng Tahun Ajaran 2016/2017. The influence of to explain learning , 5
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD . Indonesian Journal of Primary Education , 83.
Putra, K. S., Sundana, D. N., & Tastra, D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA.e-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , 5.
Susanto. (2019). Teori Belajaran dan Pembelajaran di Sekolah Dasar .Jakarta : Prenada Media Group
Sylvia, S. l. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1. Jurnal Pendidik Tambusai, 14915.
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-model Pembelajaran Inovatif . Journal of Pedagogy , 54.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.