Pengaruh Penggunaan Metode Modelling The Way Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN 88 Singkawang

Rizky Mandala Putra, Rini Setyowati, Erdi Guna Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan Perbedaan kemampuan metode Modelling The Way terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS siswa antara kelas yang diberikan metode Modelling The Way dengan kelas yang diberikan model pembelajaran langsung. untuk mengetahui pengaruh metode Modelling The Way terhadap pemahaman konsep IPS siswa. untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode Modelling The Way. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk the posttest only design with nonequevalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 88 Singkawang. Sampel diambil yaitu Sampling Purposive, jumlah masing-masing kelompok 26 orang dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas 4A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Modelling The Way dan kelas 4B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji statistic, Uji t, effect size dan rumus persentase. Terdapat perbedaan bahwa nilai thitung= 2,208 dengan  nilai ttabel = 2,004 untuk α = 5% dan dk = 50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Modelling The Way dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung pada pelajaran IPS kelas IV SDN 88 singkawang. 2) pengaruh metode Modelling The Way terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS sebesar 0,9 dengan kategori tinggi. 3.) Motivasi siswa berada pada ketegori tinggi dengan rata-rata sebesar 74,615. 


Keywords


Metode Modelling The Way, Kemampuan Pemahaman Konsep IPS

Full Text:

PDF

References


Holme et al. (2015). Defining Conceptual Understanding in General Chemistry. Journal of Chemical Education, 92(9), 1477–1483. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00218

Murti. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Modelling The Way Pada Kelas III SDN Jangka Tahun Pelajaran 2016/2017. Jangka : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan.

Saleh. (2012). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Pokok Bahasan Pasar Kelas X Di Man Gandapura. Lentera, 12.

Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Rosda Karya

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Supranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas, Dan Interpretasi Hasil Tes. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2019. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Pt Remaja Rosdakarya Offset

Wibowo, Dwi Cahyadi, Suhartatik, Anita Sri Rezeki Hutagaol. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Modeling The Way Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.