Analisis Standar Penilaian Pendidikan Dasar: Studi Literatur Review

Helmalia Faujah, Rizka Dwi Mulyani, Rizki Ananda, Ramdhan Witarsa

Abstract


Seorang guru dituntut untuk memahami standar penilaian pendidikam dan memahami landasan yuridis yang melatarbelakanginya.  Dalam penilaian harus ada standar yang jelas dan operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep dan kriteria standar penilaian pada pendidikan Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian literature review dengan menggali informasi dari jurnal dan artikel yang terkait dengan Standar Penilaian Pendidikan Sekolah Dasar dengan menganalisis 15 jurnal nasional. Langkah-langkah yang digunakan dalam literatur review ini dimulai dengan 1) menemukan referensi dan informasi tentang standar penilaian dalam pendidikan, 2) pemilahan diselesaikan dengan memilih kalimat-kalimat yang berkaitan dengan tema atau kajian 3) memasukkan ke dalam kalimat yang relevan 4) meneliti kalimat-kalimat yang akan digunakan 5) kemudian merumuskan kesimpulan berdasarkan temuan dari tinjauan pustaka yang dilakukan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan penilaian pada kurikulum sebelumnya yang lebih berkonsentrasi pada penilaian aspek pengetahuan dan mengarah pada penilaian yang komprehensif pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, standar penilaian tetap harus digunakan. Selain itu, mengubah strategi pembelajaran dari yang berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada siswa memerlukan pengembangan strategi belajar lebih keras. Pedoman penilaian pendidikan Sekolah Dasar yang dilakukan oleh guru, satuan pendidikan dan pemerintah memiliki kriteria kriteria yaitu ruang lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar siswa.

Keywords


Standar penilaian, Studi Literature Review

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Ke-6. PT. Remaja Rosdakarya.

Fakhrurrozi, H. (2019). Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.37

Khamim, N. (2019). Penerapan Pendidikan Agama Islam pada Keluarga Milenial. 15(September), 132–142.

Kusaeri dan Supranoto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 134–154.

Margaretha Karolina Sagala, Feriansyah Sesunan, H. M., & Wicaksono, B. A. (2019). ANALISIS PENERAPAN STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 BAGI CALON GURU. 1(1), 17–22.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2021). Implementasi Standar Penilaian dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3892

Pertiwi, C. S. R., Rochman, C., & Mansyur, A. S. (2019). Analisis Tantangan Ketercapaian Indikator Standar Penilaian. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2018

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129

Rahayu, Y. N., Rosyadi, R., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review. Gema Wiralodra, 11(1), 17–33. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/151

Retnawati, H. dkk. (2017). Menyusun Laporan Hasil Asesmen Pendidikan di Sekolah Referensi untuk Pendidik, Mahasiswa, dan Praktisi Pendidikan (Pertama, M). UNY Press.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023—1026. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11405/5413

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Sumintono & Widhiarso. (2015). Sumintono & Widhiarso. Aplikasi pemodelan RASCH pada assessment pendidikan. Trim komunikata.

Widyasmoro, C., & Alimah, S. (2015). Analisis Hambatan Guru Biologi Kelas X dalam Implementasi Standar Proses dan Standar Penilian Kurikulum 2013. Unnes Juornal of Biology Education, 4(2), 156–165.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.