UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING

Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di SD menggunakan metode discovery learning. Peran guru dalam proses pembelajaran memang sangat berpengaruh, dan keberhasilan pencapaian tujuan belajar juga tergantung pada skenario pembelajaran yang direncanakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah. Dengan menggunakan metode Discovery Learning diharapkan siswa  mampu berpikir sendiri sehingga dapat ”menemukan” prinsip umum yang diinginkan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan dan akhirnya mendapatkan kesimpulan berupa pengetahuan. Artikel ini menggunakan jenis metode studi literatur.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i1.3197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.