UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di SD menggunakan metode discovery learning. Peran guru dalam proses pembelajaran memang sangat berpengaruh, dan keberhasilan pencapaian tujuan belajar juga tergantung pada skenario pembelajaran yang direncanakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah. Dengan menggunakan metode Discovery Learning diharapkan siswa mampu berpikir sendiri sehingga dapat ”menemukan” prinsip umum yang diinginkan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan dan akhirnya mendapatkan kesimpulan berupa pengetahuan. Artikel ini menggunakan jenis metode studi literatur.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i1.3197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.