Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Mety Toding Bua

Abstract


Media animasi digunakan karena anak akan lebih tertarik untuk mengenal berbagai lambang huruf dan suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ASSURE. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media animasi. Hasil penelitian menunjukkan uji coba produk terhadap 2 pendidik dari SD 035 diperoleh hasil rata-rata presentase 83% dengan tingkat kemenarikan video animasi pembelajaran cukup menarik, pada SD 032 Tarakan uji coba produk terhadap 10 peserta didik di kelas A dan B siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami video animasi pembelajaran. Berdasarkan hasil dari uji coba produk siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami video animasi pembelajaran dan diperoleh hasil rata-rata 83% tingkat kemenarikan video animasi yang cukup menarik sehingga penggunaan media animasi berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar di daerah 2P. Berdasarkan validasi media, materi, bahasa menunjukkan media ini layak dijadikan media membaca permulaan. Kemudian, berdasarkan uji coba yang dilakukan membuktikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Hal ini membuktikan media membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan melalui animasi.


Keywords


Media Animasi, Membaca Permulaan, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.172-180

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Mety Toding Bua, Rizna, Risma, A. L. P. (2019). PENERAPAN MEMBACA NYARING CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI APERSEPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Borneo Humaniora, 2(1), 15–21.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Potensia, J. I. (2022). Received: October 1. 7(1), 23–34.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Sangadji, & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Penerbit Andi.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konse Dasar dan Praktiknya. Raja Grafindo Persada.

Suryanto. (2005). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Persaingan. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i2.3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.