Implementasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Environmental Literacy Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru

Novia Susannti, Z Zarkasih, Mukti Amini

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dalam melaksanakan implementasi programm adiwiyata untuk meningkatkan environmental literacy peserta didik di sekolah Adiwiyata, tepatnya di SD Negeri 182 Pekanbaru Riau sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi yang akan menuju adiwiyata Nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pendidikan lingkungan hidup dalam mengupayakan agar peserta didik melek lingkungan (environmental literacy)dalam lingkup sekolah formal. Wujud dari pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup di sekolah adalah adanya program Adiwiyata sebagai program yang lebih terencana. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mempelajari dampak program adiwiyata terhadap keadaan lingkungan fisik SD Negeri 182 Pekanbaru dalam Upaya environmental literacy peserta didik sebagai Sekolah Adiwiyata. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya peningkatan environmental literacy peserta didik di SD Negeri 182 Pekanbaru yaitu, melalui budaya sekolah, program Adiwiyata, dan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Aziz, F.(2014). Pengambilan Kebijakan Berbasis Education Management Information. Jurnal Pendidikan Islam, Volume III, Nomor 1, Juni 2014, Hal 135-162.

Desfandi, M. ( 2015 ). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata SOSIO DIDAKTIKA. Social Science Education Journal, 2 (1) 2015, Hal.31-37 Available online at SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal.

Deswari, N. (2016). Upaya peningkatan environmental literacy peserta didik di sekolah adiwiyata (studi inkuiri naturalistik di sd negri 138 pekanbaru).volume 5. Nomor 2,3-8

Hosnan. 2014. PendekatansaintifikdanKonekstualdalamPembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 1, Januari 2014; 82-88.

Mariane, I. (2014). KearifanLokalPengelolaanHuatanAdat.Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.

Maryani, Ika. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau Dari Aspek Kegiatan Partisipatif di SDN Ungaran 1 Yogyakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar Jilid 1, Nomor 3, April 2014. Hal. 170-185.

Meilinda, H., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2017). Student’s Environmental Literacy Profile Of Adiwiyata Green School In Surakarta, Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 299. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.6433

O’Neil, J. M., Newton, R. J., Bone, E. K., Birney, L. B., Green, A. E., Merrick, B., Goodwin-Segal, T., Moore, G., & Fraioli, A. (2020). Using urban harbors for experiential, environmental literacy: Case studies of New York and Chesapeake Bay. Regional Studies in Marine Science, 33, 100886. https://doi.org/10.1016/j.rsma.2019.100886

Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan berdaya lingkungan ( 2012 ). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Asiwiyata

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03

Rakhmawati, D., Prasetyo, Andreas, P. ., & Ngabekti, S. (2016). Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa: Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Semarang. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1148–1154. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9648

Slameto & Zubaidah, S. (tt). Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMK X Kota Salatiga. Jurnal Kelola Vol. 2 No. 1 Hal. 50-58.

Spinola, H. ( 2015 ).Environmental literacy comparison between students taught in schols and ordinary schools in the Madeira Island Region of Portugal. Science International Vol. 26 Issue 3, 2015, Page 392-413 International Council of Association for Science Education

Supardan, D . (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial , Perspektif Filosofi dan Kurikulum, Jakarta:Bumi Aksara

Triatna, C. (2014). PengembanganManajemenSekolah. Bandung: RemajaRosdaKarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i1.2730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.