PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yusuf Abyan Rofiyadi, Sri Lestari Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis android pada pokok materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas 5 sekolah dasar dan menguji kelayakan e-modul yang dihasilkan supaya bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan angket validasi untuk beberapa ahli materi, ahli media, dan ahli modul, serta angket respons. Hasil penelitian dari produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli materi mendapat kriteria baik dengan rerata skor persentase 79,6%, penilaian dari ahli media mendapat kriteria baik dengan rerata skor persentase 83,8%, dan hasil penilaian dari ahli modul mendapatkan kriteria baik juga dengan rerata skor persentase sebesar 83,3%. Untuk hasil dari respons siswa mendapat skor persentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa e-modul interaktif berbasis android ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas 5 sekolah dasar.

Keywords


Pengembangan E-Modul;E-Modul Interaktif;Berbasis Android;Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” SUNDERMANN J. Ilm. Teol. Pendidikan, Sains, Hum. dan Kebud., vol. 1, no. 1, hal. 28–43, 2019, doi: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18.

S. Khairunnisa, G. Amirullah, dan M. Ninawati, “Development of Learning Android Media-Based Mobile Learning Applications in Courses Basic Concepts of Natural Sciences,” J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, hal. 49–56, 2019, doi: 10.22236/jipd.v4i2.80.

R. Sidiq dan Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, hal. 14, 2020, doi: Doi.org/10.21009/jps.091.01.

Purwanto, R. Aristo, dan L. Suharto, Pengembangan Modul Seri Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PUSTEKKOM Depdiknas, 2007.

N. S. Herawati dan A. Muhtadi, “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, hal. 180–191, Okt 2018, doi: http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

J. W. Kusuma dan Hamidah, “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19,” JIPMat, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5942.

L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, dan H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, hal. 65–70, 2020, doi: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

H. Rasyidiana, “Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” J. basicedu, vol. 5, no. 4, hal. 1709–1716, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.948.

J. E. Istiyanto, Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android, 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Y. R. Liana, Ellianawati, dan W. Hardyanto, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis,” Semin. Nas. Pascasarj. Univ. Negeri Semarang, vol. 2, no. 1, hal. 926–932, 2019, Diakses: Jan 30, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/394.

Setiyani, D. P. Putri, F. Ferdianto, dan S. H. Fauji, “Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function,” J. Math. Educ., vol. 11, no. 2, hal. 223–236, 2020, doi: http://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236.

L. B. R. Accraf, Suryati, dan Y. Khery, “Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android dan Nature of Science Pada Materi Ikatan Kimia dan Gaya Antar Molekul Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 6, no. 2, hal. 133–141, 2018, doi: 10.33394/hjkk.v6i2.1607.

M. W. C. Raharjo, Suryati, dan Y. Khery, “Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Siswa,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 5, no. 1, hal. 8–13, Jun 2017, doi: 10.33394/hjkk.v5i1.102.

Wulandari, “Pengembangan Modul Berbasis Software iSpring Suite 9 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 Materi Ekosistem Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UHAMKA,” Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung, 2016.

D. Wahyudi, “Pengembangan E-Modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android,” GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, hal. 10, 2019, doi: 10.30656/gauss.v2i2.1739.

H. Hasanah, “Tekni-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, hal. 25, Jan 2016, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,” Kreano J. Mat. Kreat., vol. 3, no. 1, hal. 59–72, 2012, doi: https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613.

I. M. Suarsana dan G. A. Mahayukti, “Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis Mahasiswa,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 2, hal. 264–275, 2013, doi: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.

N. P. Sintawati dan I. G. Margunayasa, “Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility,” vol. 5, no. 1, hal. 19–29, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34281.

A. Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” EduTeach J. Edukasi Dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hal. 107–115, 2020, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.