PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” SUNDERMANN J. Ilm. Teol. Pendidikan, Sains, Hum. dan Kebud., vol. 1, no. 1, hal. 28–43, 2019, doi: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18.
S. Khairunnisa, G. Amirullah, dan M. Ninawati, “Development of Learning Android Media-Based Mobile Learning Applications in Courses Basic Concepts of Natural Sciences,” J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, hal. 49–56, 2019, doi: 10.22236/jipd.v4i2.80.
R. Sidiq dan Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, hal. 14, 2020, doi: Doi.org/10.21009/jps.091.01.
Purwanto, R. Aristo, dan L. Suharto, Pengembangan Modul Seri Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PUSTEKKOM Depdiknas, 2007.
N. S. Herawati dan A. Muhtadi, “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, hal. 180–191, Okt 2018, doi: http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
J. W. Kusuma dan Hamidah, “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19,” JIPMat, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5942.
L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, dan H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, hal. 65–70, 2020, doi: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
H. Rasyidiana, “Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” J. basicedu, vol. 5, no. 4, hal. 1709–1716, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.948.
J. E. Istiyanto, Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android, 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Y. R. Liana, Ellianawati, dan W. Hardyanto, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis,” Semin. Nas. Pascasarj. Univ. Negeri Semarang, vol. 2, no. 1, hal. 926–932, 2019, Diakses: Jan 30, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/394.
Setiyani, D. P. Putri, F. Ferdianto, dan S. H. Fauji, “Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function,” J. Math. Educ., vol. 11, no. 2, hal. 223–236, 2020, doi: http://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236.
L. B. R. Accraf, Suryati, dan Y. Khery, “Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android dan Nature of Science Pada Materi Ikatan Kimia dan Gaya Antar Molekul Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 6, no. 2, hal. 133–141, 2018, doi: 10.33394/hjkk.v6i2.1607.
M. W. C. Raharjo, Suryati, dan Y. Khery, “Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Siswa,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 5, no. 1, hal. 8–13, Jun 2017, doi: 10.33394/hjkk.v5i1.102.
Wulandari, “Pengembangan Modul Berbasis Software iSpring Suite 9 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 Materi Ekosistem Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UHAMKA,” Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung, 2016.
D. Wahyudi, “Pengembangan E-Modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android,” GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, hal. 10, 2019, doi: 10.30656/gauss.v2i2.1739.
H. Hasanah, “Tekni-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, hal. 25, Jan 2016, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.
Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,” Kreano J. Mat. Kreat., vol. 3, no. 1, hal. 59–72, 2012, doi: https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613.
I. M. Suarsana dan G. A. Mahayukti, “Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis Mahasiswa,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 2, hal. 264–275, 2013, doi: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.
N. P. Sintawati dan I. G. Margunayasa, “Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility,” vol. 5, no. 1, hal. 19–29, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34281.
A. Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” EduTeach J. Edukasi Dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hal. 107–115, 2020, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.