PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MATERI GAYA

Aini Latifah, Sri Lestari Handayani

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA terlihat pada saat pembelajaran daring disaat ini pendidik tidak mudah mengukur kemampuan berpikir kitis pada waktu pandemic disaat ini. terlebih sudah di abad ke-21 pastinya generasi disaat ini bisa dapat mendongkrak pola pikir yang mononton. Penelitian ini dicoba dengan tujuan buat mengenali terdapatnya ataupun tidak pengaruh penerapan model Flipped Classroom pada materi gaya dikelas IV di SDN Pinang Ranti 02. Penelitian ini memakai prosedur penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 95 siswa dipecah dalam tiga kelas. Sampel pada penelitian ini 63 siswa dimana siswa kelas IVB selaku kelas eksperimen berjumlah 31 siswa serta siswa kelas IVC selaku kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini ialah metode Non Probability Sampling dengan teknik sampel yang diambil adalah Sampling Purposive. Metode pengumpulan informasi pada penelitian ini memakai instrument tes. Hasil pengujian persyaratan analisis pada penelitian ini dengan berbantuan aplikasi spss tipe 26 dan excel. Uji normalitas memakai rumus uji lillifors, pada pretest eksperimen didapat Lhitung < Ltabel = 0,115 < 0,161, pretest kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,031 < 0,161, posttest kelas eksperimen Lhitung < Ltabel = 0,117 < 0,156, posttest kelas kontrol Lhitung < Ltabel = -0,002 < 0,156, hingga informasi dari kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal. Berikutnya dicoba uji hipotesis Independent t Test berbantuan spss tipe 26 berlandaskan nilai signifikansi (sig) < 0,05 = 0,000 < 0,05 hingga dinyatakan terdapatnya pengaruh positif pada model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gaya dikelas IV SDN Pinang Ranti 02.

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Flipped Classroom; Sekolah Dasar; Gaya

Full Text:

PDF

References


Krisnaldly. (2020). Efisiensi Meningkat Barang Habis Pakai Guna Meningkat Kas Dan Menejemen Keuang Yang Baik. Jurnal Abdimas. 1(2): 56-66.

Juharti. 2019. Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahliah Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep. Jurnal Chemical Information and Modeling. 53(9): 1689-1699

Bali, M & El, Iq, Mushfi. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik. 4(2): 211-227.

Mulyati, Y. (2010). Keterampilan dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Azizah, M. Sulianto, J. Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Peneliti Pendidik. 35(1): 239-256.

Rusnah, R & Mulya, O,T. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidik Dasar. 3(2): 239-256.

Lydia, P. (2016). Profil Kemampulan Berpikir Kritis Siswa SD di Kecamatan Bulak. Jurnal Pendidik Dasar Nusantara. 1(2): 67-74.

Amir, M. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1(2): 159-170.

Nugraha, A,J. Suyitno, H & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Jurnal of Primary Education. 6(1): 35-43.

Muthmainah, S. (2016). Learning Culture (Budaya Belajar) International Content (Konten yang dibuat) Profesional Educator (Pendidik yang Profesional). Encylopedia: Model Pembelajaran Flip Learn. Published Online.

Maolidah, I,S. Ruhimat, T & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edutcehnologia. 3(2): 160-170

Pitra, H. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Jurnal Heme. 1(2); 54-58.

Wijayanti, A, I. Pudjawan, K & Margunayasa, I, G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di SD Gugus X Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidik Ganesha. 3(1): 1-12.

Nurfadillah, L. Anwar, C & Firdos, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan. 10(10): 225.

Amalia, R. (2017). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bintumurung. Jurnal Dinamika. 8(1): 11-17.

Heris, M. (2017). Pengembangan Bahasn Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Pedagogik. 1(2): 31-42.

Apriyono, A. Taman, A. Ekonomi, F & Negeri, U. (2013). Analisis Overreaction Pada Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2009. Jurnal Nomina. 2(2): 76-96.

Magdalena, R & Kristanti, A, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independet Sample T-Test di PT. Merck, Tbk. Jurnal Tekno. 16(1): 35-48.

Andi, I, P. Arsana, B. Jampel, I, N & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. E-Jounal PGSD Universitas Pendidik Ganesha. 5(2): 8-9.

Ario, M & Asra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(2):84.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.