ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK DI ERA PANDEMI COVID-19

Mohammad Afifulloh, Bagus Cahyanto

Abstract


Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bergerak begitu cepat ikut mempengaruhi praktik pembelajaran di pendidikan tinggi. Saat ini pembelajaran dapat dilakukan tidak harus dalam waktu dan tempat yang sama. Hal ini tentu harus didukung bahan ajar yang dapat memfasilitasi kebutuhan pembelajaran online, untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar elektronik untuk membantu mahasiswa dalam pembelajaran secara online. Pada penelitian ini peneliti membatasi pada tahap analisis kebutuhan saja, karena bagian ini merupakan informasi penting untuk dijadikan landasan dalam proses pengembangan produk yang sesuai kebutuhan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar elektronik yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator analysis pada tahap model pengembangan ADDIE. Angket tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif berdasarkan hasil dari responden yang meliputi (a) analisis karakteristik pebelajar (b) analisis sumber daya, dan (c) analisis tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa analisis karakteristik pebelajar menunjukkan bahwa 87,03% mahasiswa memiliki pengetahuan terhadap penggunaan bahan ajar elektronik dalam pembelajaran, 94,44% mahasiswa memiliki pandangan yang positif terhadap pemanfaatan bahan ajar elektronik dalam pembelajaran, 100% mahasiswa memiliki kebiasaan menggunakan digital resource dalam kehidupan sehari-hari, 100% mahasiswa memiliki ketertarikan terhadap penggunaan bahan ajar elektronik dalam pembelajaran, serta 94,44% Memiliki ketertarikan terhadap bahan ajar elektronik untuk menumbuhkan kemandirian belajar. Sedangkan hasil analisis sumber daya menunjukkan 87,03% mahasiswa mengetahui bahwa substansi konten bahan ajar tersedia di jurnal, buku, dan sumber-sumber yang ada kaitannya dengan materi perkuliahan, 100% mahasiswa memiliki laptop/gadget yang dapat mendukung pemanfaatan bahan ajar elektronik, dan 100% mahasiswa memiliki pemahaman terhadap penggunaan digital teknologi dalam pembelajaran.

Keywords


bahan ajar elektronik, analisis kebutuhan, pembelajaran di masa pandemi

Full Text:

PDF

References


Baloran, E. T. (2020). Knowledge, Attitudes, Anxiety, and Coping Strategies of Students during COVID-19 Pandemic. Journal of Loss and Trauma, 0(0), 1–8. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1769300

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach (1st ed.). Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Busstra, M. C., Geelen, A., Feskens, E. J., Hartog, R. J. M., & Van ’t Veer, P. (2008). Design and development of digital learning material for applied data analysis. American Statistician, 62(4), 329–339. https://doi.org/10.1198/000313008X368837

Cahyanto, B., & Afifulloh, M. (2020). Electronic Module (E-Module) Berbasis Component Display Theory (CDT) Untuk Matakuliah Pembelajaran Terpadu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p049

Cahyanto, B., Akbar, S., & Sa, C. (2018). Desain Fisik Kelas Berbasis Tema untuk Sekolah Dasar. Pendidikan, 3(2002), 15–20.

Chang, C. C. (2006). Development of competency-based web learning material and effect evaluation of self-directed learning aptitudes on learning achievements. Interactive Learning Environments, 14(3), 265–286. https://doi.org/10.1080/10494820600954112

Coughlan, J., & Swift, S. (2011). Student and tutor perceptions of learning and teaching on a firstyear study skills module in a university computing department. Educational Studies, 37(5), 529–539. https://doi.org/10.1080/03055698.2010.539698

Cuthbertson, B., Socha, T. L., Potter, T. G., Cuthbertson, B., Socha, T. L., & Potter, T. G. (2007). Journal of Adventure Education and The double-edged sword : Critical reflections on traditional and modern technology in outdoor education Outdoor Education. January 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/14729670485200491

Czajka, C. D., & McConnell, D. (2019). The adoption of student-centered teaching materials as a professional development experience for college faculty. International Journal of Science Education, 41(5), 693–711. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1578908

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159

Hills, D., & Thomas, G. (2019). Digital technology and outdoor experiential learning. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 20(2), 155–169. https://doi.org/10.1080/14729679.2019.1604244

Hobbs, D. J. (1987). Effects of Content Sequencing and Presentation Mode of Teaching Material on Learning Outcomes. PLET: Programmed Learning & Educational Technology, 24(4), 292–299. https://doi.org/10.1080/0033039870240405

Karademir, T., Alper, A., Soğuksu, A. F., & Karababa, Z. C. (2019). The development and evaluation of self-directed digital learning material development platform for foreign language education *. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1593199

Marhayani, D. A. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 36. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156

Murphy, M. P. A. (2020). COVID-19 and emergency eLearning : Consequences of the securitization of higher education for post-pandemic pedagogy COVID-19 and emergency eLearning : Consequences. Contemporary Security Policy, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/13523260.2020.1761749

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Roskvist, R., Eggleton, K., & Goodyear-Smith, F. (2020). Provision of e-learning programmes to replace undergraduate medical students’ clinical general practice attachments during COVID-19 stand-down. Education for Primary Care, 00(00), 1–8. https://doi.org/10.1080/14739879.2020.1772123

Thurston, A. (2005). Building online learning communities. Technology, Pedagogy and Education, 14(3), 353–369. https://doi.org/10.1080/14759390500200211

Wilson, M. C. (2018). Crowdsourcing and Self-Instruction: Turning the Production of Teaching Materials Into a Learning Objective. Journal of Political Science Education, 14(3), 400–408. https://doi.org/10.1080/15512169.2017.1415813

Zimmerman, W. A., & Kulikowich, J. M. (2016). Online Learning Self-Efficacy in Students With and Without Online Learning Experience. American Journal of Distance Education, 30(3), 180–191. https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1193801

Zwart, D. P., Van Luit, J. E. H., Noroozi, O., & Goei, S. L. (2017). The effects of digital learning material on students’ mathematics learning in vocational education. Cogent Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1313581




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.