DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PASCA COVID-19 PADA SISWA: ANALISIS PERENCANAAN KEPADA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Faisal Faliyandra, Putu Eka Suarmika, Nuris Hidayat, Sutami Dwi Lestari, Erdi Guna Utama

Abstract


Penggunaan media sosial mengalami peningkatan pada masa pandemi covid-19. Penggunaan media sosial yang berlebih dapat menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan yang berujung pada tidak percaya diri, kecemasan sosial, stres, turunnya interaksi sosial. Maka dari itu tujuan penelitian untuk menganalisis perencanaan kepala sekolah dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan media sosial pasca pandemi covid-19 di lingkungan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ialah kepala sekolah di SD/MI PKM Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan wawancara dengan bantuan google form. Berdasarkan analisis ditemukan hasil sebaagai berikut: 1. Mengembangkan kurikulum dengan memetakan pengembangan KI-2 (Kopetesi Inti Sikap Sosial) agar dapat menemukan materi dan tema yang akan diintegrasikan untuk meningkatkan sikap sosial siswa, 2. Berdiskusi dengan guru terkait penggunaan model pembelajaran yang inovatif khusus meningkatkan kopetensi sikap (afektif), 3. Membuat kebijakan tentang lebih menekankan penggunaan penilaian dan evaluasi di ranah kopetensi sikap (afektif). Diharapkan dengan hasil ini perbandingan model pembelajaran dan pengembangan penilaian yang lebih mengarah pada ranah sikap (afektif) pasca covid-19 dapat dilaksanakan. 


Keywords


sikap sosial; administrasi pendidikan; kepala sekolah; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah islam Futura, 11 (1), 15-34.

Bocchio, M. C., & Grinberg, S. M. (2019). Management time as moral regulation in Argentina. A study at the everyday work of secondary school principal. International Journal of Leadership in Education, 22(1), 91-101.

Böhlmark, A., Grönqvist, E. and Vlachos, J., (2016). The headmaster Böhlmark, A., Grönqvist, E. and Vlachos, J., 2016. The headmaster ritual: The importance of management for school outcomes. The Scandinavian Journal of Economics, 118(4), pp.912-940.

Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56-69.

Fabris, M.A., Marengo, D., Longobardi, C. and Settanni, M., (2020). Investigating the links between fear of missing out, social media addiction, and emotional symptoms in adolescence: The role of stress associated with neglect and negative reactions on social media. Addictive Behaviors, p.https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2020.106364.

Farah, A. I. (2013). School Management: Characteristics of Effective Principal. International Journal of Advancements in Research & Technology, 2(10), 168-174.

Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Pandemi Covid-19. INCARE, Internasional Journal of Educational Resources, 1(3), 256-279.

Huang, R.H., Liu, D.J., Tlili, A., Yang, J.F. and Wang, H.H., (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.

Istianti, T., Abdillah, F. and Hamid, S.I., (2018). Model Pembelajaran Perilaku Sosial Kewarganegaraan: Upaya Guru Dalam Memupuk Gotong Royong Sejak Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp.56-62.

Kusumawati, N. & Rulviana, V,. (2017). Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. CV. AE Media Grafika.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Nadeak, B., & Juwita, C. P. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjaga Tata Kelola Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 207-216.

Pakpahan, R. and Fitriani, Y., (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), pp.30-36.

Ponnusamy, S., Iranmanesh, M., Foroughi, B. and Hyun, S.S., (2020). Drivers and outcomes of Instagram Addiction: Psychological well-being as moderator. Computers in Human Behavior, 107, p. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106294.

Putri, W.S.R., Nurwati, N. and Budiarti, M., (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Primandari, P.A., Sulasmono, B.S. and Setyaningtyas, E.W., (2019). Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tgt Dan Stad Dengan Multimedia Interaktif Ceria Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), pp.83-91.

Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kopetensi Lulusan (SKL), Kopetensi Inti (KI), dan Kopetensi Dasar (KD) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231-239.

Rodiyah, H., Lasmawan, W. and Dantes, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS 2 SELONG LOMBOK TIMUR. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), pp.24-37.

Rozgonjuk, D., Sindermann, C., Elhai, J.D. and Montag, C., (2020). Fear of missing out (FoMO) and social media’s impact on daily-life and productivity at work: do WhatsApp, Facebook, Instagram and Snapchat use disorders mediate that association?. Addictive Behaviors, p.https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2020.106487.

Sampurno, M.B.T., Kusumandyoko, T.C. and Islam, M.A., (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, Dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).

Sindermann, C., Elhai, J.D. and Montag, C., (2020). Predicting tendencies towards the disordered use of facebook's social media platforms: on the role of personality, impulsivity, and social anxiety. Psychiatry Research, 285, p.https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112793.

Soliha, S.F., (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), pp.1-10.

Suarmika, P.E. and Utama, E.G., (2017). Pendidikan mitigasi bencana di Sekolah Dasar (sebuah kajian analisis etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), pp.18-24.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520.

Sunaengsih, C., Anggarani, M., Amalia, M., Nurfatmala, S., & Naelin, S, D. (2019). Principal Leadership ini the Implementation of Effective School Management. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 79-91.

Supriadi, O. (2020). Penganan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikn Anak Usia Dini, 5(1), 841-856.

Susilawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di SMP Pesat Bogor. Jurnal Teknodik, 23(1), 41-54.

Tiara, S. K., & Sari, E.Y. (2019). AnalisisTeknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21-30.

Warmansyah, J. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Dimasa Pandemi Covid-19. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 175-188.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131-153.

Wulogening, H. I., & Timan, A. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Sistem Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 137-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.