Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lutfiyah, M., & Setyawan, A. 2020. Analisis Kemampuan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1021
Joyce, B., & Weil, M. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 1980.
Yunus, R. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VI SDN 06 Indralaya Utara. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 16-26. [Online]. Available: http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/download/1030/574
Setiyono, S., Muslim, A., & Irianto, S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 1 Sidareja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 25-37. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.2514
Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. 2012.
Laboro, Pertiwi. Peningkatan Hasil Membaca Pemahaman melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 90 Kota Gorontalo). Tesis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2010.
Brahim, Theresia K. Pengertian Teori, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Tipe, Teknik, Media, Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2012.
Sharan, Shlomo. Handbook of Cooperative Learning, terjemahan Sigit Prawoto. Yogyakarta: Familia. 2012.
Thoboroni, Muhammad dan Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2010.
Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo, 2008.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.
Suparni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri 1 Metro Timur. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26829
Hamna, H., & BK, Muh Khaerul Ummah. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1). [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556/485
Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 45-54. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.152
Suryani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menghitung Luas Segi Banyak Melalui Strategi Belajar Jigsaw di Kelas VI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 715-724. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.523
Ragindo, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 200-206. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11951
Ismayani, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 22-34. [Online]. Available: https://doi.org/10.31539/joes.v1i1.222
Suartini, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. [Online]. Available: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1435
Suryani, S. (2020). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pajambon. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1). [Online]. Available: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1893
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.