Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Rien Anitra

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah dasar memerlukan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa maksimal. Penulisan artikel ini menggunakan studi literatur atau literature riview dengan menganalisis beberapa kajian yang berkaitan dengan topik pembahasan, yaitu: pembelajaran kooperatif, model pembelajaran jigsaw, dan matematika. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dalam suatu kelompok kecil yang heterogen untuk saling bekerja sama, saling menyumbang pikiran dalam mengkonstruk konsep dan memecahkan masalah dengan tanggung jawab dan tujuan bersama serta saling ketergantungan positif sekaligus berlatih berinteraksi, komunikasi, dan sosialisasi. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat kelompok asal yang heterogen dan kemudian dibentuk kelompok ahli untuk menjadikan siswa-siswa ahli suatu topik yang ditugaskan kemudian saling berbagi informasi kepada teman-teman yang membahas topik berbeda di dalam kelompok asalnya. Berdasarkan kajian terhadap hasil penelitian mengenai pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, ditemukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempengaruhi hasil belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Kemudian terungkap pula bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

Keywords


kooperatif, jigsaw, matematika

Full Text:

PDF

References


Lutfiyah, M., & Setyawan, A. 2020. Analisis Kemampuan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1021

Joyce, B., & Weil, M. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 1980.

Yunus, R. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VI SDN 06 Indralaya Utara. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 16-26. [Online]. Available: http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/download/1030/574

Setiyono, S., Muslim, A., & Irianto, S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 1 Sidareja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 25-37. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.2514

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. 2012.

Laboro, Pertiwi. Peningkatan Hasil Membaca Pemahaman melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 90 Kota Gorontalo). Tesis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2010.

Brahim, Theresia K. Pengertian Teori, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Tipe, Teknik, Media, Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2012.

Sharan, Shlomo. Handbook of Cooperative Learning, terjemahan Sigit Prawoto. Yogyakarta: Familia. 2012.

Thoboroni, Muhammad dan Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2010.

Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo, 2008.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.

Suparni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri 1 Metro Timur. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26829

Hamna, H., & BK, Muh Khaerul Ummah. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1). [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556/485

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229

Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 45-54. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.152

Suryani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menghitung Luas Segi Banyak Melalui Strategi Belajar Jigsaw di Kelas VI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 715-724. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.523

Ragindo, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 200-206. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11951

Ismayani, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 22-34. [Online]. Available: https://doi.org/10.31539/joes.v1i1.222

Suartini, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. [Online]. Available: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1435

Suryani, S. (2020). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pajambon. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1). [Online]. Available: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1893




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285393531008

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.