Desain Pembelajaran Qur’an Hadist Model Jerold E. Kemp Berbasis Multimedia Di Madrasah Tsanawiyah

Asykur Asykur, Husniyatus Salamah Zainiyati, Siti Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran model Jelord E.Kemp berbasis Multimedia mata pelajaran al-Qur’an hadist dalam  meningkatkan minat belajar siswa di MTs. Miftahul Ulum Timbuan.

Guru mata pelajaran Al-Qur’an hadits  dan siswa kelas VII di jadikan subyek dalam penelitian ini, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model Jelord E.Kemp berbasis Mutimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran Al-Qur’an hadits. Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional di MTs. Miftahul Ulum Timbuan Kecamatan sarirejo Kabupaten Lamongan menyebabkan rendahnya minat belajar siswa sehingga berakibat pada hasil belajar siswa rendah di bawah batas KKM (≥70). Metode dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan penerapan pembelajaran menggunakan model Jelord E.Kemp berbasis Multimedia dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum sehingga hasil belajar yang di peroleh siswa sudah banyak yang mencapai KKM (≥70).  Model Jelord E.Kemp berbasis Multimedia terlaksana dengan baik, Hasil penelitian menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya. dapat dilihat dari data  sebelum siklus 63,50%, meningkat menjadi 70,00% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,00% pada siklus II.


Keywords


Desain Pembelajaran, Model Jelord E.Kemp. Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Yusufhadi Miarso, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,” Jakarta: Prenada Media Group, 2004, p. 545.

Akhiruddin, Sujarwo, H. Atmowardoyo, and Nurhikmah, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG, 2019.

R. M. Gagne, W. W. Wager, K. C. Golas, J. M. Keller, and J. D. Russell, “Principles of instructional design, 5th edition,” Perform. Improv., 2005, doi: 10.1002/pfi.4140440211.

U. Usman, “Menjadi Guru Profesional,” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002, p. 19.

R. RAHMATULLAH, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JEROLD E. KEMP DALAM MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ….” repository.iaimsinjai.ac.id, 2018.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

A. Purwanto, M. Hendri, and N. Susanti, “Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahsan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN Kabupaten Tebo,” J. EdulFisika, 2016.

G. Gunawan, A. Harjono, and I. Imran, “PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR SISWA,” J. Pendidik. Fis. Indones., 2016, doi: 10.15294/jpfi.v12i2.5018.

A. Zakariyah and A. Hamid, “Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah,” Intizar, 2020, doi: 10.19109/intizar.v26i1.5892.

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, 2002.

Rusman, “Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan profesionalisme Guru,” Jakarta: Rajawali Pres, 2016, pp. 166–167.

F. Fatmawarni and D. N. Chania, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JEROLD E. KEMP TERHADAP HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN …,” LIABILITIES (JURNAL Pendidik. …, 2020.

Wekanis. A.S &Hamadi. M, “Strategi Mengajar Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berba sis Kompetensi,” semarang: Sutra Benta Perkasa, 2005, p. 35.

S. Arikunto, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Suhendar T, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Mahmud and Tedi priatna, “Penelitian tindak kelas teori dan praktek,” Bandung: Tsagrafika, 2008.

FX Sudarsono, “Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta: (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2001, p. 26.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285347441263

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.