Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan Ranah Kognitif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Malang
Abstract
Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas dari instrumen literasi lingkungan ranah kognitif sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk pengembangan instrumen literasi lingkungan ranah kognitif yang lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa SD (sekolah dasar) kelas V di Kabupaten Malang tahun ajaran 2018/2019. Banyak subjek penelitian ini sebanyak 98 siswa. Hasil dari pengukuran validitas isi dan konstruk didapat bahwa produk yang dikembangkan telah valid dan dapat dilanjutkan pada tahap pengembangan produk selanjutnya. Tahap berikutnya adalah pengukuran validitas empiris yang terdiri dari pengukuran reliabilitas dan validitas produk pada uji coba lapangan pendahuluan dan uji coba lapangan utama. Hasil uji coba lapangan pendahuluan didapat hasil bahawa ada dua soal yang tidak valid dari 30 soal sehingga perlu adanya revisi. Hasil reliabilitas uji coba lapangan pendahuluan didapat hasil bahwa produk yang dikembangkan reliabel. Hasil uji coba lapangan utama didapat hasil bahawa semua soal valid dan reliabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
IKPLHD Kabupaten Malang 2016. 2017. Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) Kabupaten Malang Tahun 2016. Malang: Pemerintah kabupaten Malang. (On Line). https://www.google.co.id/search?q=ikplhp+kabupaten+malang+2017&oq=ikplhp+kabupaten+malang+2017&aqs=chrome..69i57 .14467j0j9&sourceid=chrome&i e=UTF-8.
O’Brien, S.R.M. 2007. Indications of environmental literacy: using a new survey instrument to measure awareness, knowledge, and attitude of university aged student. (Thesis), Lowa State University, Lowa.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Izzaty, Rika Eka. 2008. Peran Aktivitas Pengasuhan Pada Pengasuhan Perilaku Anak Sejak Usia Dini (Kajian Psikologis Berdasarkan Teori Sistem Ekologi). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
McBeth. W. 2008. The National Environmental Literacy Project: A Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. The Journal Of Environmental Education. Heldref Publications. ISSN: 0095-8964. University of Wisconsin–Platteville, Platteville, Wisconsin, USA
Wiggins, G. 1990. The Case for Authentic Asessment. ERIC Digest ED238611 (online).Available:http://www.ed.gov/databases/E RIC_Digests/ed238611.htm.
Mueller, J. 2006. Authentic Assessment. North Central College.(On line). http://jonatan.muller.noctrl.edu/toolbox/ whatisist.html.
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research. New York: Longman
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dewi, Dian A.N.N. 2018. Modul uji Validitas dan Reliabilitas.https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas/link/5bd7e05c4585150b2b90c294/ download
Igbokwe, Blessing. 2016. Environmental Literacy Assessment: Assessing theStrength of an Environmental Education Program (Eco Schools) inOntario Secondary Schools for Environmental Literacy Acquisition.( Tesis ). Kanada: University of Windsor
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.