Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar mahasiswa PGSD dalam perkuliahan secara daring. Jenis penelitian ini aalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PGSD semester 5 STKIP Singkawang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik snowball, sehingga di dapat sampel yakni mahasiswa berjumlah 85 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar pada mahasiswa yang dikembangkan oleh Sumarmo (2013). Hasil pengukuran terhadap kemandirian belajar menunjukkan bahwa responden memiliki kemandirian yang cenderung rendah dengan skor 51.95%. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiwa belum cukup siap untuk belajar secara daring, penyebabnya adalah karena kebiasaan belajar, dan teknologi yang kurang mendukung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3 (1), 44-58. DOI: 10.24014/ kjiece.v3i1.9609.
Astuti, E. P. (2016). Kemandirian belajar matematika siswa SMP di kecamatan Prembun. Jurnal pendidikan surya edukasi, 2(2), 65-75. DOI: 10.37729/jpse.v2i2.3464.
Belawati,Tian. 2019. Pembelajaran Online. Banten : Universitas Terbuka.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. DOI: 10.31605/ijes.v2i2.659.
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Muhtamadji. 2002. Pendidikan Keselamatan Konsep dan Penerapan. Jakarta : Depdiknas.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7 (1), 43-49. DOI: 10.26740/jptt.v7n1.p43-49.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal. id/Edupsycouns/article/view/397.
Sumarmo.2013. Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. http://math.sps.upi.edu/. (diakses tanggal 24 Juli 2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.