Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19

Dina Anika Marhayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar mahasiswa PGSD dalam perkuliahan secara daring. Jenis penelitian ini aalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PGSD semester 5 STKIP Singkawang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik snowball, sehingga di dapat sampel yakni mahasiswa berjumlah 85 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar pada mahasiswa yang dikembangkan oleh  Sumarmo (2013). Hasil pengukuran terhadap kemandirian belajar menunjukkan bahwa responden memiliki kemandirian yang cenderung rendah dengan skor 51.95%. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiwa belum cukup siap untuk belajar secara daring, penyebabnya adalah karena kebiasaan belajar, dan teknologi yang kurang mendukung.


Keywords


kemandirian belajar, perkuliahan daring, pademi covid 19

Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3 (1), 44-58. DOI: 10.24014/ kjiece.v3i1.9609.

Astuti, E. P. (2016). Kemandirian belajar matematika siswa SMP di kecamatan Prembun. Jurnal pendidikan surya edukasi, 2(2), 65-75. DOI: 10.37729/jpse.v2i2.3464.

Belawati,Tian. 2019. Pembelajaran Online. Banten : Universitas Terbuka.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. DOI: 10.31605/ijes.v2i2.659.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Muhtamadji. 2002. Pendidikan Keselamatan Konsep dan Penerapan. Jakarta : Depdiknas.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7 (1), 43-49. DOI: 10.26740/jptt.v7n1.p43-49.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal. id/Edupsycouns/article/view/397.

Sumarmo.2013. Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. http://math.sps.upi.edu/. (diakses tanggal 24 Juli 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285347441263

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.