Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Keterampilan dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Singkawang

Dina Anika Marhayani, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap: (1) kompetensi keterampilan siswa, (2) kompetensi pengetahuan siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Singkawang Singkawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik simple random sampling dilakukan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VA sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Pengumpulan data menggunakan tes dan skala penilaian (rating scale) diskusi dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap: (1) kompetensi keterampilan siswa, (2) kompetensi pengetahuan siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Singkawang.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Kompetensi Keterampilan; Kompetensi Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Gillies, R. M. (2009). Cooperative Learning Integrating Theory and Practice. U.S.A: Sage publications.

Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Peratran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014, tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2015. Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Lie, Anita. (2003). Cooperative Learning: Mempraktekkan Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Mudhafier. (1987). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Karya.

Rosyidah, Ummi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro. Jurnal SAP. Vol 1 No 2. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id, pada tanggal 2 Januari 2020.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Solihatin, Etin & Raharjo. (2007). Kooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Syarifudin, Ahmad. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ta’dib Vol 16 No 1. Diakses http://jurnal.radenfatah.ac.id, pada tanggal 15 April 2008.

Taniredja, Tukiran. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.