Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada Mata Pelajaran Tematik

Junita Junita, Krisma Widi Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran STAD dan CIRC terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas V SD Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. Aspek keterampilan kolaborasi yang dilihat dalam penelitian meliputi: kerja sama, tanggung jawab, kompromi, komunikasi, dan fleksibilitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Research atau eksperimen semu dan tehnik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah tehnik sampling purposive. Sample dalam penelitian ini SD Negeri Tingkir Lor 01 dan SD Negeri Tingkir Tengah 02. Subjek penelitian kelompok eksperimen 1 adalah 32 siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 mendapat perlakuan model STAD. Sedangkan subjek penelitian kelompok eksperimen 2 yaitu 32 siswa Kelas V SD Negeri Tingkir Tengah 02 mendapat perlakuan model CIRC. Tehnik pengumpulan data penelitian menggunakan rubrik penilaian keterampilan kolaborasi dikembangkan oleh Triiling, selanjutnya data dianalisis dengan tehnik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan uji prasyarat yang telah dilakukan, data berdistribusi normal sehingga analisis dilakukan dengan statistik parametrik berdasarkan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil independent sample t-test diperoleh nilai Asymp. Sig.(2-tailed)=0,000 dimana nilai <0,05, yang artinya terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model STAD dan CIRC, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adanya Perbedaan signifikan didukung dengan rerata kedua sampel penelitian, rerata kelompok eksperimen 1 yaitu 51,22 dan kelompok eksperimen 2 yaitu 54,31. Aspek yang memiliki kecenderungan nilai tinggi pada kelompok eksperimen 2 menyebar pada seluruh aspek baik kerja sama, tanggung jawab, kompromi maupun komunikasi. Artinya dengan menerapkan model CIRC lebih efektif dibanding STAD dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa.

Keywords


STAD; CIR; Keterampilan Kolaborasi; Tematik

Full Text:

PDF

References


Darmo, W. (2017). Penerapan Model STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Kelompok PKN Materi Organisasi Kelas V SD Berugenjang Kudus. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 175.

Febriyanto, B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa di Sekolah. Jurnal of learning education adn counseling, 6.

Hamdani, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Undiksha, 440-447.

Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Junita. (2019). Upaya Pengembangan Potensi Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Kanisius Gendongan Salatiga menggunakan Cooperative Learning. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD an, 709.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Murtono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif CIRC, Jigsaw dan STAD terhadap Keterampilan Membaca ditinjau dari Kemampuan Logika Berbahasa. Kajian Linguistik dan Sastra. UMS, 194.

Nurul, H. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Radenintan, 35.

Purnomo, dkk. (2018). Kefektifan Model Pembelajaran STAD dan CIRC ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 6.

Rini, K. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengeimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Undiksha, 461.

Rochmatin, G. G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. JPGSD Universitas Negeri Surabaya, 5-6.

Rusman, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Gerlong Tengah: Alfabeta, Bandung.

Shalomo, S. (2012). The Hanbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia Grup Relasi Inti Media.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga. Satya Wacana University Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaitf dan R&D. Bandung: Alfabeta

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suarta Komang, A. P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Tehnik Dasar Passing Sepak Bola. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 7.

Trilling, B. & Fadel, C., 21st Century Skills: Learningfor life in Our Times, San Francisco. (2009). Jossey-Bass A Wiley Imprint).

Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh, Provinsi Jambi. UNES, Jurnal Of Education Scienties, 181.

Wangid Nur Muhamad, M. A. (2014). Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di DIY. Jurnal Edukasia UNY, 177.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285347441263

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.