Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada Mata Pelajaran Tematik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmo, W. (2017). Penerapan Model STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Kelompok PKN Materi Organisasi Kelas V SD Berugenjang Kudus. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 175.
Febriyanto, B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa di Sekolah. Jurnal of learning education adn counseling, 6.
Hamdani, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Undiksha, 440-447.
Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Junita. (2019). Upaya Pengembangan Potensi Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Kanisius Gendongan Salatiga menggunakan Cooperative Learning. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD an, 709.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Murtono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif CIRC, Jigsaw dan STAD terhadap Keterampilan Membaca ditinjau dari Kemampuan Logika Berbahasa. Kajian Linguistik dan Sastra. UMS, 194.
Nurul, H. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Radenintan, 35.
Purnomo, dkk. (2018). Kefektifan Model Pembelajaran STAD dan CIRC ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 6.
Rini, K. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengeimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Undiksha, 461.
Rochmatin, G. G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. JPGSD Universitas Negeri Surabaya, 5-6.
Rusman, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Gerlong Tengah: Alfabeta, Bandung.
Shalomo, S. (2012). The Hanbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia Grup Relasi Inti Media.
Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga. Satya Wacana University Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaitf dan R&D. Bandung: Alfabeta
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suarta Komang, A. P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Tehnik Dasar Passing Sepak Bola. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 7.
Trilling, B. & Fadel, C., 21st Century Skills: Learningfor life in Our Times, San Francisco. (2009). Jossey-Bass A Wiley Imprint).
Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh, Provinsi Jambi. UNES, Jurnal Of Education Scienties, 181.
Wangid Nur Muhamad, M. A. (2014). Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di DIY. Jurnal Edukasia UNY, 177.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.